5 Panduan Membuat Batik Indonesia yang Mudah Dipraktikkan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 18:28 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi panduan membuat batik indonesia. Foto: Camille Brismonte/Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi panduan membuat batik indonesia. Foto: Camille Brismonte/Unsplash
ADVERTISEMENT
Panduan membuat batik Indonesia berupa batik tulis dapat diawali dari mempersiapkan kain dan membuat pola atau desain sesuai keinginan.
ADVERTISEMENT
Berikut panduan membuat batik Indonesia atau batik tulis yang mudah dipraktikkan, khususnya oleh pemula.

Panduan Membuat Batik Indonesia yang Mudah bagi Pemula

Ilustrasi panduan membuat batik indonesia. Foto: Mahmur Marganti/Unsplash
Dilansir dari situs bbkb.kemenperin.go.id, batik adalah perpaduan seni dan teknologi juga merupakan karya bangsa Indonesia. Corak batik ada beragam. Masing-masing mengandung filosofi dari bermacam budaya yang berkembang di nusantara.
Terdapat berbagai jenis batik berdasarkan teknik membuatnya yaitu batik tulis, cap, serta sablon atau printing. Ketiganya memiliki keunggulan juga kekurangan.
Kali ini akan dibahas tentang cara membuat batik tulis.Berikut panduan membuat batik Indonesia berupa batik tulis yang mudah dipraktikkan:

1. Melakukan Persiapan

Persiapan sebelum membatik amat penting dilakukan. Beberapa di antaranya menyiapkan kain mori yang sebelumnya telah dicuci. Buat pula desain atau motif di atas kain batik sesuai keinginan lalu panaskan malam.
ADVERTISEMENT
Malam adalah cairan lilin yang ditaruh pada wajan kecil di kompor. Apabila malam sudah benar-benar mencair, celupkan canting ke dalamnya. Diamkan kurang lebih tiga detik guna penyesuaian suhu pada canting.

2. Mulai Mencanting

Pegang canting seperti tengah memegang pensil. Posisikan canting agar mendongak sehingga cairan malam tak menetes. Lalu torehkan malam cair tersebut pada kain yang hendak digambar atau berisi pola.

3. Mewarnai Pola

Langkah selanjutnya yaitu mewarnai pola yang kosong dengan beragam ornamen, seperti titik-titik atau arsiran. Jangan lupa pula untuk melakukan tahapan nembok atau memblok bagian kain yang tak boleh terkena warna.

4. Mewarnai Kain

Untuk mewarnai kain batik tulis, terdapat dua teknik yang bisa dilakukan yaitu celup dan colet. Teknik colet biasanya memakai pewarna instan.
ADVERTISEMENT
Berbeda dari teknik celup yang menggunakan pewarna naftol. Usai proses pewarnaan kain, tiriskan lebih dahulu kain batik tersebut. Tujuannya supaya warna menyerap hingga serat kain secara maksimal.

5. Melepaskan Malam

Proses menghilangkan atau melepas malam akan dilakukan setelah pewarnaan. Pelepasan malam dari kain batik disebut dengan istilah melorod. Caranya cukup mudah yaitu merebus kain dalam air mendidih sampai seluruh malamnya terlepas. Dengan demikian, motif yang sudah digambar sebelumnya akan muncul.
Setelah proses melorod selesai dilakukan, cucilah kain batik hingga bersih atau tidak ada lagi malam yang menempel. Berikutnya, angin-anginkan kain sampai kering. Hindari terkena sinar matahari langsung sehingga warna kain akan tetap bagus.
Itulah panduan membuat batik Indonesia yang berupa batik tulis. Berbeda dari batik cap atau printing, jenis batik ini dinilai lebih sulit dibuat dan tentu mempunyai harga lebih tinggi. (DN)
ADVERTISEMENT