5 Pantangan Burung Kenari yang Harus Dijauhi

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
14 Februari 2024 20:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pantangan Burung Kenari. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pantangan Burung Kenari. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
Sebelum membeli, calon pemilik harus mengetahui ada berbagai pantangan burung kenari yang harus dihindari.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Jurus Sukses Merawat dan Menangkarkan Kenari oleh Kian Sing dan Maloedyn, burung kenari adalah burung mungil dengan bentuk unik dan suara merdu yang banyak menarik perhatian pecinta burung. Suara burung kenari mampu menghilangkan penat dan stres pemiliknya setelah beraktivitas seharian.
Sayangnya, ada berbagai pantangan dalam memelihara burung kenari. Apa saja?

Pantangan Burung Kenari yang Harus Dijauhi

Ilustrasi Pantangan Burung Kenari. Sumber: Unsplash
Berikut ini berbagai pantangan memelihara burung kenari yang harus dijauhi:

1. Meletakkan Terlalu Tinggi

Pemilihan kandang burung kenari menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pemiliknya. Pemilik dapat meletakkan kandang burung kenari di tempat yang tinggi maupun rendah.
Namun perlu diketahui bahwa letak burung kenari yang terlalu tinggi tidak akan membuat kicau burung menjadi lebih tenang. Sebaliknya, jika diletakkan lebih rendah dan ramai, mental burung kenari akan terlatih agar tidak mudah takut.
ADVERTISEMENT

2. Memperlihatkan dengan Burung Sejenis

Pantangan burung kenari berikutnya adalah memperlihatkan burung dengan sejenisnya ketika dilakukan pemasteran dan penjemuran. Namun untuk burung jenis lain boleh terlihat dengan sekat atau jarak dari burung kenari.

3. Sering Dimandikan

Kesehatan burung kenari tentu saja dipengaruhi oleh kebersihan lingkungan dan tubuhnya. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan tubuh burung kenari adalah dengan rutin memandikannya.
Namun penting diketahui bahwa pemilik tidak boleh sering memandikannya. Pasalnya, burung kenari yang sering dimandikan cenderung menurun birahi maupun keinginannya untuk berbunyi.

4. Memberi Pakan Tertentu

Pantangan burung kenari berikutnya adalah memberi jenis pakan tertentu yang dapat menurunkan birahi. Mulai dari telur puyuh, sawi putih, sampai buah dan daun mengkudu. burung kenari juga tidak boleh diberi makanan berlebih karena dapat menyebabkannya obesitas.
ADVERTISEMENT

5. Memberi Kerondong di Siang Hari

Pada siang hari, sebaiknya burung kenari tidak diberi kerondong untuk memancing kicauan yang lebih banyak sehingga cepat gacor. Dengan demikian, hal ini secara tidak langsung akan melatih kemampuan kicau burung kenari.
Sebaliknya, kerondong akan lebih baik diberikan pada malam hari. Tujuannya adalah untuk menghindarkan burung kenari dari nyamuk dan berbagai serangga lain yang dapat mengganggu burung.
Itulah sekilas pembahasan mengenai pantangan burung kenari yang harus dijauhi pemiliknya.(LAU)