5 Penyebab Ikan Mas Koki Cepat Mati yang Harus Diwaspadai

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
20 April 2024 22:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Penyebab Ikan Mas Koki. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Penyebab Ikan Mas Koki. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Penyebab ikan mas koki cepat mati harus dipahami agar segera mendapat pencegahan.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Memilih & Merawat Maskoki Impor Berkualitas oleh Iskandar & M. Sitanggang, ikan mas koki memiliki keindahan khas yang dapat dilihat dari bentuk badan, warna, sampai cara renang. Selain itu, tedapat keunikan tersendiri dibandingkan jenis ikan lainnya.
Namun, sebagian orang yang baru memelihara ikan mas koki sering mengeluh peliharaannya cepat mati. Apa penyebabnya?

Penyebab Ikan Mas Koki Cepat Mati

Ilustrasi Penyebab Ikan Mas Koki. Sumber: Unsplash
Berikut ini berbagai penyebab ikan mas koki cepat mati:

1. Terlalu Banyak Makan

Sisa makanan yang mengendap di dalam akuarium akan menyebabkan kualitas air memburuk. Selain itu, semakin banyak ikan makan, maka semakin banyak pula kotoran yang diproduksi. Oleh karena itu, makanan harus diberikan dalam porsi cukup.

2. Infeksi Bakteri

Penyebab ikan mas koki cepat mati berikutnya adalah infeksi bakteri. Terdapat berbagai bakteri yang bisa menginfeksi ikan mas koki. Dampaknya, ikan dapat sakit, luka, lemah, atau stres. Tandanya yakni sirip membusuk, septicemia, dan sariawan.
ADVERTISEMENT

3. Penyakit Tuberkulosis

Tuberkulosis menjadi sebab kematian mendadak ikan mas koki dengan persentase mencapai 63%. Umumnya, penyakit ini terjadi karena stres terutama jika disatukan dengan banyak ikan lainnya.
Supaya tidak mengalami fenomena tersebut, sebaiknya pemilik hanya membeli ikan mas koki dari pemilik terpercaya. Pasalnya, penyakit tuberkulosis ikan mas koki tidak terdapat obatnya, sehingga hanya upaya pencegahan yang dapat dilakukan.

4. Kualitas Air Buruk

Penyebab ikan mas koki cepat mati berikutnya adalah karena kualitas air buruk. Seiring berjalannya waktu, air akan terkontaminasi dengan zat amonia yang dihasilkan oleh kotoran ikan. Adanya amonia akan sangat berbahaya bagi ikan, terutama apabila tidak dilengkapi filter air.
Untuk mengatasi hal tersebut, pemilik harus membersihkan akuarium secara teratur. Namun jangan terlalu bersih agar kultur bakteri yang bertugas mengatasi kotoran ikan tidak rusak.
ADVERTISEMENT

5. Stres

Waktu pengiriman ikan mas koki yang terlalu lama mneyebabkan ikan mengalami stres sehingga mati mendadak. Bahkan tak jarang ikan mati dalam 12 jam awal usai diterima pembeli.
Nah itu dia sekilas pembahasan mengenai penyebab ikan mas koki cepat mati.(LAU)