5 Penyebab Perut Anjing Bunyi dan Cara Mencegahnya

Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
21 September 2023 20:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi perut anjing bunyi. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Setiap pemilik anjing pasti pernah memergoki perut hewan peliharaanya berbunyi, sehingga sering mencari tahu penyebab perut anjing bunyi dan cara untuk mencegahnya.
ADVERTISEMENT
Kondisi ini harus diperhatikan karena dapat menjadi sinyal bahwa anjing sedang mengalami gangguan pencernaan. Untuk mencegahnya, simak cara-cara di bawah ini.

Penyebab Perut Anjing Bunyi dan Cara Mencegahnya

Ilustrasi perut anjing bunyi. Sumber foto: Unsplash
Saat memelihara seekor anjing di rumah, pemilik pasti pernah menemukan beberapa masalah kesehatan pada mereka, salah satunya adalah perut anjing yang berbunyi aneh.
Dilansir dari situs PetMd, walaupun suara perut adalah suatu hal normal, namun di beberapa kesempatan, ini bisa menjadi tanda bahwa anjing sedang mengalami gangguan pencernaan.
Gangguan pencernaan memang menjadi masalah kesehatan yang paling umum terjadi pada seekor anjing. Biasanya, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Asam Lambung

Salah satu penyebab perut anjing bunyi adalah tingginya kadar asam lambung. Asam yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan usus, sehingga menghasilkan suara gemuruh.
ADVERTISEMENT
Umumnya, hal ini terjadi setelah anjing makan terlalu cepat atau memakan sesuatu yang tidak cocok untuknya. Untuk mencegah hal ini terjadi, pemilik dapat memberikan makanan dalam porsi yang lebih kecil dan mudah dicerna oleh anjing.

2. Radang Usus

Radang usus merupakan peradangan pada saluran pencernaan anjing, yang menyebabkan perut mereka berbunyi. Hal ini dapat terjadi akibat alergi makanan, infeksi, atau menelan benda asing.
Cara mencegahnya bisa dilakukan dengan mengetahui jenis makanan yang berbahaya untuk anjing peliharaan.

3. Radang Lambung

Radang lambung juga menjadi salah satu penyebab perut anjing berbunyi. Biasanya, hal ini disebabkan oleh stres, iritasi pada lambung, atau mengonsumsi makanan yang tidak cocok.
Untuk mencegah hal ini terjadi, cobalah untuk menghindari memberikan makanan berlemak tinggi. Selain itu, berikan mereka dalam porsi yang lebih kecil.
ADVERTISEMENT

4. Diare

Diare menjadi salah satu masalah pencernaan yang umum terjadi pada anjing. Ketika anjing mengalami diare, perutnya pasti akan mengeluarkan bunyi.
Cara mengatasinya bisa dengan memperhatikan makanan anjing, dan cobalah untuk memberi makanan yang mudah dicerna.

5. Terlalu Banyak Makan

Terlalu banyak makan juga dapat membuat perut anjing berbunyi. Hal ini terjadi jika anjing makan dengan sangat cepat atau mendapatkan porsi makanan yang lebih banyak dari seharusnya.
Guna mencegah hal ini terjadi, cobalah untuk memberikan porsi dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan anjing. (RN)