5 Perbedaan Kucing Caracal dengan Kucing Biasa secara Umum

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 19:46 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi perbedaan kucing caracal dengan kucing biasa, sumber foto: Michael M by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perbedaan kucing caracal dengan kucing biasa, sumber foto: Michael M by pexels.com
ADVERTISEMENT
Kucing biasa adalah kucing yang sering dijadikan hewan peliharaan oleh sebagian besar pecinta kucing, berbeda dengan kucing caracal. Pastinya ada perbedaan kucing caracal dengan kucing biasa yang bisa dipelajari lebih mudah.
ADVERTISEMENT
Apalagi kucing caracal terkenal sebagai kucing liar yang tidak seharusnya dijadikan hewan peliharaan. Jika ingin memelihara kucing, sebaiknya pelihara kucing biasa atau kucing kampung yang sudah jelas cara perawatannya.
Dikutip dari buku Majalah Cat And Dog 30 (Juni-Juli 2020) karya Redaksi, di bawah ini terdapat beberapa perbedaan menarik antara kucing caracal dengan kucing biasa.

Perbedaan Kucing Caracal dengan Kucing Biasa

Ilustrasi perbedaan kucing caracal dengan kucing biasa, sumber foto: Georgie Devlin by pexels.com
Kucing biasa atau kucing kampung memang memiliki perbedaan yang cukup jauh jika dibandingkan kucing caracal. Berikut beberapa perbedaan kucing caracal dengan kucing biasa yang bisa dijadikan opsi terbaik.

1. Berat Tubuhnya yang Jauh Berbeda

Perbedaan mendasar bisa dilihat dari ukuran berat tubuh, di mana caracal bisa mencapai berat tubuh hingga 18 kilogram. Berbeda jauh dengan berat tubuh kucing biasa yang relatif sama dengan kucing lainnya.
ADVERTISEMENT

2. Habitat

Habitat kucing caracal adalah di hutan dan daerah sabana yang ada di Afrika karena kondisinya yang kering. Sedangkan kucing biasa bisa hidup di mana saja, apalagi di rumah bersama pemiliknya yang merawatnya sepenuh hati.

3. Kucing Caracal Tidak Mudah Dijinakkan

Sudah sejak lama kucing biasa atau kucing kampung bisa dijadikan hewan peliharaan yang penurut. Namun sayangnya kucing caracal justru tidak mudah dijinakkan karena lebih suka menyendiri dan sangat agresif.

4. Kepribadian yang Berbanding Terbalik

Ketika musim kawin, kucing caracal lebih sering menyendiri dan membatasi interaksi sosial. Hal ini berbanding terbalik dengan kucing biasa yang lebih aktif bermain dan beraktifitas di luar ruangan bersama pemiliknya.

5. Kecepatan Berlari

Rata-rata kucing biasa bisa berlari dengan kecepatan 25-30 mph dalam jarak pendek tapi cepat. Hal ini tentu tidak sebanding dengan kucing caracal yang terkenal sebagai kucing tercepat dari semua spesies kucing.
ADVERTISEMENT
Kucing caracal memang terlihat eksotis, sehingga cocok dijadikan hewan peliharaan yang unik daripada kucing biasa. Namun jangan abaikan perbedaan kucing caracal dengan kucing biasa seperti yang sudah dijelaskan.(DSI)