5 Perlengkapan Latihan Taekwondo yang Nyaman dan Harus Dimiliki

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
9 Mei 2024 23:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi perlengkapan latihan taekwondo yang nyaman. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perlengkapan latihan taekwondo yang nyaman. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perlengkapan latihan taekwondo yang nyaman memang harus dipersiapkan. Pastikan semua sudah lengkap sehingga latihan tidak terhambat dan pemain lebih terlindungi.
ADVERTISEMENT
Berikut deretan perlengkapan latihan taekwondo yang harus dipunyai oleh para atletnya.

Perlengkapan Latihan Taekwondo yang Nyaman

Ilustrasi perlengkapan latihan taekwondo yang nyaman. Foto: Pixabay
Dalam situs dispora.sumutprov.go.id, taekwondo atau tae kwon do termasuk salah satu cabang seni bela diri dari Korea Selatan yang populer di seluruh dunia.
Fokus olahraga ini adalah gerakan tangan yang cepat serta tendangan tinggi. Taekwondo memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, di antaranya meningkatkan kekuatan otot, kesehatan jantung, menambah stamina tubuh, refleks, hingga fleksibilitas.
Saat hendak berlatih taekwondo, seorang atlet harus melakukan persiapan matang. Pastikan kesehatan tubuh dalam kondisi prima. Sediakan pula berbagai perlengkapan supaya latihan berjalan lancar serta maksimal.
Lantas, apa saja perlengkapan latihan taekwondo yang nyaman? Inilah beberapa di antaranya, antara lain.
ADVERTISEMENT

1. Seragam dan Sabuk Taekwondo

Para pemain umumnya menggunakan seragam serta sabuk yang mendukung saat berlatih maupun bertanding.
Pakaian taekwondo memiliki ciri khas warna putih dan disebut dengan dobok. Ini adalah pakaian khusus yang digunakan para pemain saat pertandingan atau latihan.
Dobok biasa dilengkapi sabuk sesuai tingkatan masing-masing. Mulai putih, hijau, kuning, biru, merah, sampai hitam.

2. Bantalan Tendangan

Bantalan tendangan atau kicking pad mempunyai fungsi yang sama dengan pyongyo atau sejenis alat untuk aplikasi tendangan maupun pukulan. Permukaan yang lebih besar serta tebal adalah salah satu perbedaan keduanya.
Baik bantalan tendangan maupun pyongyo, keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk melatih kekuatan serangan maupun tendangan.

3. Pelindung Tangan

Pelindung tangan atau hand protector taekwondo dikenal pula dengan nama dekker tangan. Perlengkapan ini harus digunakan oleh pemain saat latihan atau pertandingan.
ADVERTISEMENT
Fungsinya, antara lain melindungi kedua tangan dari serangan juga menangkis serangan yang terus-menerus ke tubuh pemain.

4. Pelindung Kepala

Berikutnya, ada pelindung kepala atau head guard yang berguna untuk melindungi bagian kepala, seperti wajah dan kepala atas, dari tendangan maupun benturan. Bentuk head guard mirip helm dan terdiri atas dua warna.

5. Pelindung Badan

Selanjutnya, ada pelindung tubuh yang disebut pula dengan hogo. Perlengkapan ini untuk melindungi bagian-bagian tubuh vital, seperti perut, rusuk, hingga dada, dari tendangan maupun serangan lawan. Cara memakainya cukup dikaitkan ke bagian depan tubuh.
Demikian perlengkapan latihan taekwondo yang nyaman dan mudah diperoleh di toko-toko olahraga.
Selain beberapa yang telah disebutkan, perlengkapan lain yang juga harus dimiliki, yaitu shin guard (pelindung kaki), gum shield (pelindung mulut dan gigi), hingga groin protector (pelindung kelamin). (DN)
ADVERTISEMENT