5 Rekomendasi Makanan Kura-Kura Sulcata

Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
19 September 2023 18:58
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi makanan Kura Kura Sulcata. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Kura-kura sulcata merupakan salah satu spesies kura-kura darat terbesar di dunia yang berasal dari kawasan Afrika. Karena habitatnya tersebut, perawatan kura-kura sulcata membutuhkan perhatian khusus. Termasuk dalam pemberian makanannya.
ADVERTISEMENT
Salah satu rekomendasi makanan kura-kura sulcata adalah rumput segar, seperti rumput johnson atau rumput alfalfa.
Selain itu, masih ada beberapa rekomendasi makanan lain yang cocok untuk kura-kura sulcata. Mari simak pembahasannya di bawah ini.

Makanan Kura-Kura Sulcata

Ilustrasi Makanan Kura Kura Sulcata. Foto: Pixabay
Dikutip dari buku Hewan Peliharaan: Kura-Kuraku yang ditulis oleh Erinda Wibianti, berikut adalah lima rekomendasi makanan kura-kura sulcata yang bisa jadi referensi.

1. Rumput Segar

Rumput segar adalah komponen utama dalam diet alami kura-kura sulcata. Jenis rumput yang dapat diberikan pada kura-kura sulcata antara lain rumput bermuda, rumput johnson, dan rumput alfalfa. Pastikan rumput yang diberikan bebas dari pestisida dan herbisida.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti selada, kangkung, bayam, dan kale adalah makanan yang baik untuk kura-kura sulcata. Jenis sayuran ini kaya akan kandungan serat dan vitamin yang penting untuk pertumbuhan serta kesehatan mereka.
ADVERTISEMENT

3. Sayuran Berwarna

Selain sayuran hijau, pemberian sayuran berwarna seperti wortel, paprika merah, dan labu juga sangat baik bagi kura-kura sulcata. Sayuran berwarna ini mengandung nutrisi tambahan dan dapat menjadi variasi dalam menu diet mereka.

4. Buah-buahan

Buah-buahan, seperti pisang, mangga, dan stroberi dapat diberikan sesekali sebagai camilan untuk kura-kura sulcata.
Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa buah yang memiliki kandungan gula tinggi. Jadi, sebaiknya berikan asupan buah dalam jumlah kecil atau secukupnya untuk menghindari risiko obesitas.

5. Suplemen Kalsium

Selain makanan, kura-kura sulcata juga dapat diberikan suplemen kalsium untuk menjaga kesehatan tulangnya. Dalam hal ini, pemilik perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan untuk mengetahui dosis yang tepat.
Pemberian suplemen kalsium untuk kura-kura sulcata dapat dilakukan dengan mencampurkannya pada makanan mereka.
ADVERTISEMENT
Itulah lima rekomendasi makanan kura-kura sulcata. Namun, ingatlah bahwa kura-kura sulcata adalah hewan yang cenderung overeat. Jadi, pastikan untuk memberi makanan dengan bijaksana dan tidak berlebihan agar terhindar dari risiko obesitas. (SP)