5 Sifat Burung Walet yang Unik dan Khas

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
13 Maret 2024 19:36 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sifat burung walet. Foto: Key/Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sifat burung walet. Foto: Key/Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sifat burung walet yang khas antara lain menyukai tempat lembap, sejuk, gelap, dan sangat sensitif terhadap kondisi lingkungan.
ADVERTISEMENT
Berikut penjelasan mengenai ragam sifat burung walet yang menarik disimak.

Kenali Sifat Burung Walet yang Unik

Ilustrasi sifat burung walet. Foto: Key/Pixabay
Dilansir dari situs an-nur.ac.id, walet tergolong burung pemakan serangga yang mempunyai sistem pencernaan canggih. Mereka pun terbiasa terbang tanpa henti serta hidup di dalam kelompok besar atau kawanan yang dipimpin seekor jantan.
Jenis-jenis serangga yang biasa dimakan burung ini antara lain lebah, nyamuk, kecoa, dan kupu-kupu.
Selain dikenal sebagai burung liar pemakan serangga, walet pun termasuk burung tropis yang memerlukan curah hujan serta suhu tertentu agar dapat hidup dan berkembang biak dengan nyaman.
Berikut beberapa karakter atau sifat burung walet yang unik dan khas:

1. Menyukai Tempat Lembap dan Sejuk

Beberapa habitat walet antara lain hutan, pantai, padang rumput, sampai perkotaan. Koloni burung bersayap runcing tersebut umumnya hidup di daerah yang lembap, sejuk, serta gelap. Sebagai contoh, gua, rumah kayu, pohon besar, atau gedung yang tidak ditempati.
ADVERTISEMENT

2. Sensitif terhadap Kondisi Lingkungan

Burung berekor panjang ini amat sensitif terhadap kondisi lingkungan sekitarnya. Mereka tidak menyukai kebisingan. Kumpulan walet akan memilih kawasan yang tenang serta tersembunyi.

3. Hidup Berkoloni

Walet adalah burung liar yang hidup secara berkoloni atau berkelompok. Pada pagi hari, koloni walet akan keluar bersama-sama untuk mencari makan dan kembali ke sarang pun bersama pada sore hari.
Seperti diketahui bahwa burung walet tak memiliki senjata atau pertahanan diri apapun dari predator. Oleh sebab itu, sifat burung walet yang hidup berkoloni berhubungan erat dengan masalah keamanan.

4. Selalu Pulang

Burung walet akan selalu pulang serta menempati rumah tertentu sebagai sarang. Perilaku walet ini disebut dengan home behaviour atau pohaman dalam istilah orang Jawa. Home behaviour berhubungan dengan memori otak walet.
ADVERTISEMENT
Semakin dewasa usianya, burung walet akan mempunyai memori kuat terhadap rumah atau tempat tinggalnya. Demikian pula sebaliknya. Makin muda usia burung tersebut, maka memorinya juga tak terlalu kuat. Jadi, tidak heran apabila walet muda kerap tersesat bahkan tidak kembali ke rumahnya.

5. Membuat Sarang dari Air Liur

Sarang burung walet terbuat dari air liurnya yang kini banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat-obat, campuran makanan atau minuman, serta kosmetik. Tidak heran apabila harga sarang burung walet di pasaran relatif tinggi.
Demikian sifat burung walet yang unik dan khas. Saat ini walet juga banyak dikembangbiakkan untuk diambil sarangnya. (DN)