5 Tips Belajar Menari Hip-Hop untuk Pemula

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
27 Maret 2024 23:23 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tips Belajar Menari Hip-Hop untuk Pemula. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Drew Dizzy Graham
zoom-in-whitePerbesar
Tips Belajar Menari Hip-Hop untuk Pemula. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Drew Dizzy Graham
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tari hip-hop merupakan salah satu jenis tarian jalanan yang dibawakan dengan iringan dari musik hip-hop.
ADVERTISEMENT
Bagi para pemula, ada beberapa tips belajar menari hip-hop yang harus diperhatikan agar bisa mengikuti gerakan dengan benar. Untuk lebih jelasnya, simak dalam pembahasan berikut ini.

5 Tips Belajar Menari Hip-Hop untuk Pemula

Tips Belajar Menari Hip-Hop untuk Pemula. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Keenan Constance
Dikutip dari Buku Siswa Seni Budaya SMP/MTs Kelas 9 karya Sri Sudaryati dkk., (2022) tari hip-hop dipengaruhi oleh berbagai gaya yang diciptakan pada tahun 1970-an dan dipopulerkan oleh kru tari di Amerika Serikat.
Tarian ini tidak menggunakan praktik gerakan dari tari jazz modern, balet, atau gaya Broadway atau Hollywood. Sebaliknya, tari hip-hop menggunakan tulang punggung yang melengkung, lutut yang ditekuk, dan orientasi ke bumi.
Tari hip-hop dimulai dari gerakan para penari yang biasanya ditemani dengan para DJ (Disc Jockey) yang menciptakan beat pada musik dan penyanyi rap. Hal tersebut yang memberikan keunikan tersendiri pada tari ini.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah tips belajar menari hip-hop untuk pemula yang bisa dijadikan sebagai panduan.

1. Memahami Dasar-Dasar Hip-Hop

Sebelum memulai, penting untuk memahami dasar-dasar hip-hop, seperti sejarah, budaya, dan musiknya. Caranya dengan mempelajari melalui menonton video, membaca artikel, atau mengikuti kelas hip-hop.

2. Melatih Kebugaran Tubuh

Menari hip-hop membutuhkan stamina dan kekuatan. Lakukan latihan kardio dan latihan kekuatan untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Selain itu, juga dapat berlatih peregangan untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh.

3. Mempelajari Gerakan Dasar

Ada beberapa gerakan dasar dalam hip-hop, seperti popping, locking, footwork, dan freestyle. Jika sedang belajar dapat mempelajari gerakan ini dari video tutorial online atau mengikuti kelas hip-hop.

4. Berlatih Secara Konsisten

Kunci untuk menjadi penari hip-hop yang handal adalah dengan berlatih secara konsisten. Luangkan waktu untuk berlatih setiap hari, meskipun hanya sebentar.
ADVERTISEMENT

5. Bergabung dengan Komunitas Hip-Hop

Bergabung dengan komunitas hip-hop dapat membantu untuk belajar dari penari lain, mendapatkan inspirasi, dan mendapatkan motivasi. Kamu dapat bergabung dengan komunitas hip-hop di kota terdekat atau secara online.
Belajar menari hip-hop membutuhkan dedikasi dan latihan. Dengan mengikuti tips belajar menari hip-hop untuk pemula di atas, setiap orang dapat menjadi penari hip-hop yang handal.(WWN)