5 Tips Budidaya Tanaman Talas agar Hasilnya Berkualitas

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
23 Mei 2024 23:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tips budidaya tanaman talas, sumber foto: Yan Krukau by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tips budidaya tanaman talas, sumber foto: Yan Krukau by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Talas merupakan jenis umbi-umbian yang menjadi tanaman pangan di Indonesia pengganti beras sebagai makanan pokok. Salah satu tips budidaya tanaman talas agar hasilnya berkualitas adalah mempersiapkan tanah gembur dengan drainase baik.
ADVERTISEMENT
Sehingga tanaman talas banyak dibudidayakan di beberapa daerah, seperti Cianjur, Bogorz Kuningan, Gunung Lawu, Malang, dan lainnya. Manfaatnya yang besar membuat talas diincar banyak masyarakat, sehingga bisa menjadi opsi budidaya terbaik.
Dikutip dari buku Budidaya 8 Jenis Tanaman Pangan karya Purnomo & Hanny P, simak tips efektif budidaya tanaman talas di bawah ini.

Tips Budidaya Tanaman Talas

Ilustrasi tips budidaya tanaman talas, sumber foto: Huy Phan by pexels.com
Talas adalah tanaman tropis yang tingginya mencapai 3 meter dengan daun besar seperti anak panah. Jika tertarik untuk membudidayakannya, maka simak tips budidaya tanaman talas dalam penjelasan berikut.

1. Mempersiapkan Tanah Gembur dengan Drainase Baik

Pada dasarnya, tanaman talas bisa tumbuh dengan baik di berbagai jenis tanah. Hanya saja pertumbuhan talas akan lebih maksimal jika menggunakan tanah jenis aluvial, yang gembur dan punya drainase baik.
ADVERTISEMENT

2. Lakukan Penanaman di Awal Musim Hujan

Sebaiknya mulai tanam talas di awal musim hujan agar mendapatkan nutrisi baik demi mendukung pertumbuhan seimbang. Jika menanamnya di musim semi, maka pastikan suhu di atas 10 derajat Celcius pada saat malam hari agar tidak rusak.

3. Letakkan Tanaman Talas di Dalam Ruangan

Jika ingin proses pertumbuhan lebih cepat, maka letakkan tanaman talas di dalam ruangan beberapa Minggu sebelum memasuki musim hujan. Jika sudah memasuki musim hujan, tanaman talas bisa dipindahkan ke kebun agar memperoleh nutrisi baik.

4. Pastikan Tanaman Mendapatkan Sinar Matahari Tidak Langsung

Sinar matahari memang baik untuk membantu pertumbuhan tanaman, hanya saja jika berlebihan bisa merusak talas. Oleh karena itu, tempatkan tanaman talas di area yang tidak terkena sinar matahari langsung.

5. Buat Lubang Tanam Berjarak 1 Meter

Lubang tanam harus dibuat dengan jarak sekitar 1 meter agar tidak mengganggu pertumbuhan satu sama lain. Mengingat daun talas cukup lebar serta tanamannya cepat menyebar melalui sulur.
ADVERTISEMENT
Budidaya talas sebenarnya terbilang susah-susah gampang, hanya saja perlu memperhatikan waktu penanaman. Selain itu, penting untuk memperhatikan tips budidaya tanaman talas sesuai penjelasan tersebut agar hasilnya berkualitas.(DSI)