5 Tips Fotografi Jalanan bagi Pemula yang Mudah Diikuti

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
12 Juni 2024 22:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tips fotografi jalanan. Sumber: jimmy teoh/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tips fotografi jalanan. Sumber: jimmy teoh/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Fotografi jalanan atau street photography adalah jenis aliran fotografi dokumenter yang menunjukkan subjek dalam kondisi terang dan berada di lingkungan publik. Tips fotografi jalanan untuk pemula bisa dilakukan dengan tidak ragu untuk memanfaatkan fitur crop.
ADVERTISEMENT
Zainnahar dan Dwijahyo dalam Memaknai Emosi Sebuah Kota Melalui Fotografi Jalanan menyebutkan bahwa fotografi jalanan banyak dilakukan untuk memotret aktivitas masyarakat di jalanan, terminal bis, pasar, stasiun, maupun tempat umum lainnya.
Untuk mengetahui informasi lain mengenai tips fotografi jalanan, simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Tips Fotografi Jalanan

Ilustrasi tips fotografi jalanan. Sumber: Aleksandar Pasaric/pexels.com
Street photography atau fotografi jalanan adalah suatu jenis fotografi yang dilakukan dengan memotret subjek dalam kondisi terang di tempat umum. Umumnya, fotografi jalanan memanfaatkan teknik foto candid dan tanpa sepengetahuan objeknya.
Terdapat sejumlah tips fotografi jalanan yang bisa dilakukan oleh pemula, antara lain.

1. Selalu Bawa Kamera

Pada dasarnya, fotografi jalanan adalah jenis fotografi yang dilakukan secara spontan. Maka dari itu, ketika sedang bepergian ke luar, selalu bawa kamera. Dengan begini, ketika menjumpai momen unik atau mencuri perhatian, kamera sudah siap untuk mengambil gambarnya.
ADVERTISEMENT
Para pemula bisa membawa kamera berukuran kecil serta ringan, tetapi mempunyai berbagai fitur yang mencukupi, misalnya kamera mirrorless.

2. Tidak Ragu Menggunakan Fitur Crop

Tips fotografi jalanan selanjutnya adalah tidak ragu untuk memanfaatkan fitur crop. Fitur tersebut berfungsi untuk menghilangkan gangguan yang terdapat dalam foto. Jadi, ketika terdapat bagian yang seharusnya tidak ada dalam gambar, kamu dapat memotongnya. Hal ini juga membantu memberikan titik fokus untuk subjek secara lebih baik.

3. Memilih Peralatan Sesuai

Tips fotografi jalanan berikutnya adalah dengan memilih peralatan sesuai. Sebagai seorang fotografer, mempunyai peralatan memadai akan menjadi pendukung guna membuat kualitas foto yang dihasilkan menjadi lebih baik.

4. Memandang Sesuatu Melebihi Rutinitas Sehari-hari

Tips fotografi jalanan lainnya adalah dengan memanfang sesuatu melebihi rutinitas sehari-hari. Pasalnya, seseorang kerap melewatkan banyak hal dari apa yang sering ditemui sehari-hari. Maka dari itu, cobalah untuk memperhatikan detail sekecil apapun yang menarik di tempat umum.
ADVERTISEMENT

5. Mencoba Angel Rendah

Tips fotografi jalanan yang terakhir adalah dengan mencoba angel yang lebih rendah. Kamu dapat mencoba sudut yang berbeda untuk memperoleh momen menarik. Gambar yang dihasilakn dengan angel rendah tentunya mempunyai perspektif berbeda dan cenderung lebih dinamis.
Demikian informasi mengenai tips fotografi jalanan yang bisa dilakukan oleh pemula. [ENF]