5 Tips Mancing Patin Liar agar Hasil Tangkapan Melimpah

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 21:53 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tips mancing patin liar, sumber foto: Snapwire by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tips mancing patin liar, sumber foto: Snapwire by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ikan patin merupakan ikan air tawar yang suka bermain di dasar perairan. Salah satu tips mancing patin liar agar hasilnya berlimpah adalah mengatur pancing agar mata kail berada di bawah pemberat.
ADVERTISEMENT
Terkadang beberapa pemancing menggunakan rangkaian 1-2 mata kail ukuran kecil sampai sedang agar lebih maksimal. Apalagi memancing ikan patin tidak boleh dilakukan sembarangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak boncos.
Dikutip dari buku Kiat Sukses Bisnis Ikan Patin karya Triyanto, berikut beberapa tips terbaik mancing patin liar.

Tips Mancing Patin Liar

Ilustrasi tips mancing patin liar, sumber foto: cottonbro studio by pexels.com
Mancing ikan patin liar lebih sering dilakukan di danau atau sungai yang alirannya tidak terlalu deras. Terkadang proses memancing dilakukan dengan menggunakan pelampung, kemudian mata kail berukuran kecil hingga sedang, langsung saja simak tips berikut.

1. Mengatur Pancing agar Mata Kail Berada di Bawah Pemberat

Pertama, pastikan mata kail pada pancing berada di bawah pemberat agar tidak mudah lepas ditarik ikan. Mengingat patin liar lebih ganas, bahkan mudah memutus benang pada pancing ketika mulai ditarik.
ADVERTISEMENT

2. Pelampung Harus sesuai Kedalaman Lokasi

Kemudian, perlu memastikan pelampung pada pancing sesuai dengan kedalaman air agar umpan bisa sampai ke dasar. Namun, pelampung yang dipasang juga harus kuat dan mudah terlihat ketika umpan mulai dimakan ikan.

3. Jangan Lupa Mengendurkan Senar

Pemancing harus mengendurkan senar setelah umpan jatuh ke dasaran. Jika senar terlalu kencang, ikan sulit memakan umpan yang diberikan sehingga membuat hasil tangkapan kurang maksimal.

4. Jangan Melamun

Tips lainnya, yaitu hindari melamun ketika umpan sudah sampai di dasaran meski belum tersambar ikan. Jika menunggu umpan dimakan sambil melamun, harus siap kehilangan joran pancing karena ditarik ikan patin liar.

5. Memilih Spot Terbaik

Jangan lupa untuk memilih spot terbaik yang sering dijadikan sarang ikan patin liar. Biasanya, berupa lokasi yang terbentuk alami bekas pohon tumbang, tempat ini dijadikan sarang ikan patin berukuran besar hingga 1 kg.
ADVERTISEMENT
Setiap pemancing perlu tahu tips mancing patin liar secara efektif agar hasil tangkapan lebih maksimal. Bahkan, bisa memilih lokasi di sekitar rawa, waduk, atau danau yang sering dijadikan tempat ikan patin mencari makan.(DSI)