5 Trik Menang Catur dengan Mudah bagi Pemula yang Bisa Diikuti

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
17 Juni 2024 21:47 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi trik menang catur. Sumber: sk/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi trik menang catur. Sumber: sk/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Catur adalah jenis olahraga populer yang membutuhkan strategi agar dapat memenangkan pertandingan. Adapun salah satu trik menang catur adalah dengan memperhatikan serangan yang mengarah menuju raja.
ADVERTISEMENT
Ardianto dan Supriyono dalam Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Catur PERCASI Kota Semarang Tahun 2020 menyebutkan bahwa melakukan permainan catur membutuhkan strategi cerdik agar bisa memenangkannya.
Untuk mengetahui trik menang catur, simak penjelasannya dalam bacaan berikut ini.

Trik Menang Catur

Ilustrasi trik menang catur. Sumber: Felix Mittermeier/pexels.com
Catur adalah permainan populer yang kerap diikutkan dalam pertandingan olahraga. Menariknya, pertandingan ini membutuhkan strategi khusus agar bisa memenangkan pertandingan. Adapun beberapa trik menang catur adalah:

1. Memperhatikan Langkah Pembukaan

Salah satu trik menang catur adalah dengan memperhatikan langkah pembukaannya. Pasalnya, permulaan permainan bisa menentukan keberlanjutan permainan.
Perlu diketahui bahwa bagian penting bagi papan catur adalah pusat. Apabila kamu mampu menguasai pusat dengan pion atau perwira, maka menentukan arah permainan akan lebih mudah.
ADVERTISEMENT

2. Menempatkan Perwira dengan Mudah

Trik menang catur selanjutnya adalah dengan menempatkan perwira secara lebih mudah. Pastikan perwira berada dalam posisi menyerang. Hal ini akan membuat perwira aktif serta mempunyai banyak pilihan. Pasalnya, perwira atau pion bisa mengontrol petak.
Di sisi lain, kuda akan lebih kuat jika posisinya di tengah, sedangkan gajah akan lebih bagus jika letaknya diagonal panjang.

3. Mengoordinasikan Serangan Menuju Raja

Trik menang catur berikutnya adalah dengan mengoordinasikan serangan menuju arah raja. Pasalnya, bisa saja satu buah catur milik lawan akan menskak raja. Hal ini tentu bisa menyebabkan kalah dalam permainan. Di sisi lain, jaga dengan satu buah catur agar raja tidak bisa memakannya.

4. Memperhatikan Posisi Raja

Trik menang catur lainnya adalah dengan memperhatikan posisi raja. Banyak pemain yang terlalu fokus untuk menyerang raja lawan. Padahal, hal ini bisa membuat lawan menyerang rajamu. Maka dari itu, berikan pion pertahanan untuk menjaga raja dari lawan.
ADVERTISEMENT

5. Bersikap Sportif

Trik menang catur yang terakhir adalah dengan bersikap sportif. Jadi, menang atau kalah harus mampu menerima dengan lapang dada. Pasalnya, menang maupun kalah adalah bagian dari permainan.
Demikian informasi mengenai trik menang catur yang perlu dipahami. [ENF]