6 Alasan Kenapa Kucing Sering Tidur

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
28 Mei 2023 21:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto ilustrasi: Kenapa Kucing Sering Tidur, sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Foto ilustrasi: Kenapa Kucing Sering Tidur, sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jika dibanding manusia, durasi kucing tidur dalam sehari sangatlah panjang. Ternyata, ada sejumlah alasan kenapa kucing sering tidur.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari situs Petmd, total durasi kucing dewasa tidur dalam sehari sekitar 12 hingga 16 jam sehari. Sementara, untuk anak kucing yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan waktu tidur sekitar 20 jam sehari.

Ini Alasan Kenapa Kucing Sering Tidur

Foto ilustrasi: Kenapa Kucing Sering Tidur, sumber: Unsplash
Alasan kenapa kucing sering tidur bisa bervariasi, tergantung dari kondisi masing-masing kucing. Namun, ada sejumlah alasan umum perihal kebiasaan tidur kucing yang berlangsung lama. Berikut ini penjelasannya.

1. Suka Mencicil Waktu Tidur

Kucing diketahui tidak suka tidur dalam durasi yang terlalu lama pada setiap tidurnya. Mereka lebih suka tidur sebentar selama 15 hingga 30 menit, lalu beraktivitas, kemudian tidur lagi dan seterusnya.
Pada saat tidur seperti ini, kucing mengistirahatkan tubuh dan pikirannya namun tidak sampai benar-benar terlelap. Mereka masih siaga jika ada bahaya yang menghampirinya.
ADVERTISEMENT

2. Menyimpan Energi

Kucing dikenal sebagai hewan yang energik dan banyak mengeluarkan tenaga saat beraktivitas. Oleh karena itu, mereka harus tidur supaya bisa menyimpan energi yang nanti akan dipakai saat beraktivitas.

3. Aktif saat Fajar dan Senja

Kucing termasuk binatang krepuskular atau hewan yang aktif pada waktu fajar dan senja. Jika kucing terlihat tidur sepanjang hari, ada kemungkinan mereka banyak melakukan aktivitas pada waktu tersebut.

4. Merasa Bosan

Terkadang, kucing akan tidur saat merasa bosan. Sebenarnya tidak masalah jika kucing tidur. Namun, kebosanannya yang perlu diperhatikan oleh pecinta kucing.
Jika memiliki kucing sebagai hewan peliharaan, disarankan untuk mengajaknya bermain atau menyiapkan area bermain untuknya, seperti tiang cakar, tempat untuk memanjat dan sebagainya.

5. Stres atau Cemas

Sama seperti manusia, kucing juga bisa mengalami stres dan cemas. Salah satu cara kucing mengekspresikan ketidaknyamanan tersebut adalah tidur lebih lama dari biasanya.
ADVERTISEMENT

6. Kucing Sakit

Ketika sedang sakit, kucing memilih untuk tidur karena merasa lemas atau merasakan ketidaknyamanan akibat penyakitnya.
Kucing yang sering tidur akibat sakit kemungkinan akan mengeluarkan gejala-gejala lain, seperti muntah, demam, tidak nafsu makan, atau terlihat lesu sepanjang hari. Segera bawa kucing ke dokter hewan agar mendapatkan perawatan yang tepat.
Itulah sejumlah alasan kenapa kucing sering tidur. Semoga bermanfaat bagi pemilik kucing. (Tp)