6 Bagian-Bagian Drum dan Kegunaannya yang Perlu Dipelajari

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
23 Februari 2024 23:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi bagian-bagian drum. Sumber: Rene Asmussen/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bagian-bagian drum. Sumber: Rene Asmussen/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Drum adalah jenis alat musik yang membutuhkan sinkronisasi dan stabilitas saat memainkannya. Di sisi lain, bagian-bagian drum juga beragam dan perlu dipahami sebelum mempelajarinya.
ADVERTISEMENT
Irfan dan Sudarman dalam Belajar Drum bagi Anak Usia Dini di Purwacaraka Music Studio padang menyebutkan bahwa belajar drum juga bermanfaat bagi perkembangan seorang anak dan meningkatkan pengetahuannya.
Untuk mengetahui informasi seputar bagian-bagian drum, simak selengkapnya di artikel berikut.

Bagian-Bagian Drum

Ilustrasi bagian-bagian drum. Sumber: Josh Sorenson/pexels.com
Drum adalah jenis alat musik pukul menggunakan suatu tongkat dan tergolong sulit dalam mempelajarinya. Pasalnya, bermain drum membutuhkan sinkronisasi serta stabilitas.
Selain itu, drum juga mempunyai sejumlah bagian. Adapun beberapa bagian-bagian drum adalah sebagai berikut.

1. Hit-hat

Salah satu bagian drum adalah hit-hat. Bagian tersebut terdiri dari dua piringan, yakni up dan bottom. Selain itu, hit-hat juga mempunyai pedal untuk diinjak pemainnya. Fungsi hit-hat adalah untuk menjaga tempo, membentuk ritme, serta memberikan aksentuasi pada ritme.
ADVERTISEMENT

2. Cymbal

Bagian drum berikutnya adalah cymbal. Bagian ini tergolong penting dan umumnya terbuat dari logam kuningan. Selain itu, cymbal juga mempunyai beberapa jenis. Adapun jenis-jenis cymbal adalah.

3. Snake Drum

Bagian drum selanjutnya adalah snake drum. Snake drum tergolong sebagai bagian penting dan utama, sehingga sering dimainkan. Adapun fungsi snake drum adalah komponen utama pembentuk ritme, penentu dan menjaga tempo utama.

4. Tom-Tom

Bagian drum lainnya adalah tom-tom. Fungsi tom-tom adalah untuk menciptakan ketukan berfariasi. Tom-tom mempunyai beberapa ukuran, yakni small toms, middle toms, dan large toms.
ADVERTISEMENT

5. Bass

Bass adalah salah satu bagian drum yang bentuknya menyerupai tom-tom. Namun, bass mempunyai ukuran lebih besar daripada tom-tom. Adapun fungsi utama bass adalah untuk membentuk ritme, menentukan dan menjaga tempo, hingga sebagai aksen, fill in, serta memberikan ketegasan dalam syncopation.

6. Stick Drum

Bagian drum yang terakhir adalah stick drum. Stick digunakan untuk memukul bagian-bagian dari drum, seperi cymbal, hit-hat, serta snake drum. Umumnya, stick drum terbuat dari fiber atau kayu.
Demikian sederet informasi mengenai bagian-bagian drum dan kegunaannya yang perlu dipelajari sebelum memainkannya. [ENF]