6 Cara Iguana Melindungi Diri yang Unik dan Menakjubkan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
16 Mei 2024 21:47 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara iguana melindungi diri, sumber foto: Lukas by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara iguana melindungi diri, sumber foto: Lukas by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Iguana merupakan reptil yang punya berbagai macam perilaku khas yang sering membingungkan orang yang melihatnya. Namun, tindakan tersebut termasuk cara iguana melindungi diri ketika kondisinya sedang terancam.
ADVERTISEMENT
Jika tertarik memelihara iguana, maka perlu tahu kondisi atau perubahan yang dilakukan iguana agar tidak mudah syok. Namun, sebaiknya mulai amati kebiasaan iguana di habitat aslinya yang menjadi kegiatan sehari-hari untuk kesejahteraannya.
Dikutip dari buku Cari Tahu Hewan-Hewan Bertubuh Kecil karya Fatiharifah, di bawah ini beberapa cara iguana mengubah kondisinya sebagai bentuk perlindungan diri.

Cara Iguana Melindungi Diri

Ilustrasi cara iguana melindungi diri, sumber foto: Pixabay by pexels.com
Perilaku yang dilakukan iguana bukan sengaja dilakukan, melainkan terbentuk dari habitat alami serta keberlangsungan hidupnya. Seperti berikut ini ada beberapa cara iguana melindungi diri sebagai pembatasan antara kedekatannya dengan manusia maupun hewan lain.

1. Melepaskan Ekornya saat Sedang Terancam

Ketika merasa terancam karena ulah manusia atau hewan lain yang akan memangsanya, iguana akan melepaskan ekornya. Perilaku ini dikenal sebagai autotomi ekor yang memungkinkan iguana untuk melarikan diri dari predator.
ADVERTISEMENT

2. Berlari

Umumnya, iguana akan menjadi pelari cepat serta pemanjat hebat ketika menghadapi bahaya. Biasanya, iguana akan melarikan diri secepat mungkin ke atas pohon atau batu yang tidak bisa dijangkau predator.

3. Kamuflase

Kamuflase menjadi salah satu kemampuan iguana untuk berbaur dengan lingkungan agar predator lebih sulit mengenalinya. Pola dan warna yang diterapkan dalam hubungan membantu iguana bersembunyi di batu, pepohonan, maupun lingkungan lain.

4. Menunjukkan Perilaku Ancaman

Meski tidak semua, tetapi beberapa iguana menunjukkan perilaku ancaman untuk menghalangi hewan lain yang ingin memangsanya. Perilaku ancaman yang dilakukan bisa berupa membusungkan badan agar terlihat besar dan mendesis.

5. Menggigit dan Mencakar

Gigitan dan cakaran yang diberikan iguana sangat tajam hingga membuat predator tidak bisa berkutik. Apa yang dilakukan iguana adalah bentuk perlindungan diri saat posisinya sedang terancam di lingkungan hidupnya.
ADVERTISEMENT

6. Regenerasi

Cara terakhir adalah regenerasi sebagai kemampuan menumbuhkan ekornya yang hilang saat melarikan diri dari predator. Jadi, saat ekornya lepas, iguana bisa menumbuhkan ekor yang terlihat sedikit berbeda dari aslinya.
Itulah beberapa cara iguana melindungi diri dari ancaman predator, baik di lingkungan aslinya maupun saat sudah dipelihara manusia.(DSI)