6 Daftar Hewan Langka yang Dilarang Dipelihara di Rumah

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 19:52 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi daftar hewan langka yang dilarang dipelihara, sumber foto: Jose Almeida by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi daftar hewan langka yang dilarang dipelihara, sumber foto: Jose Almeida by pexels.com
ADVERTISEMENT
Hewan di dunia ini memang sangat banyak, tetapi tidak semua hewan bisa dijadikan peliharaan karena ada yang langka. Daftar hewan langka yang dilarang dipelihara di rumah adalah harimau, yang memang hampir punah.
ADVERTISEMENT
Bukannya dipelihara, hewan yang sudah terancam punah seharusnya mendapatkan tindakan pelestarian yang tepat. Hewan-hewan yang harus berada dalam penangkaran adalah hewan yang jumlahnya terancam punah dan langka.
Dikutip dari buku Perlindungan Hukum terhadap Hewan Peliharaan (Non Ternak) karya Abdul Haris Semendawai, Asmariah, dan Idat Galih Permana, berikut hewan-hewan langka yang tidak boleh dipelihara.

Daftar Hewan Langka yang Dilarang Dipelihara

Ilustrasi daftar hewan langka yang dilarang dipelihara, sumber foto: Rajesh Balouria by pexels.com
Kegiatan memelihara hewan di rumah adalah kegiatan yang wajar dilakukan, tetapi menjadi tidak wajar ketika yang dipelihara hewan langka. Oleh karena itu, berikut daftar hewan langka yang dilarang dipelihara:

1. Harimau

Pertama ada harimau, semua orang seharusnya sudah tahu bahwa harimau adalah hewan yang langka. Bahkan hanya ada sekitar 4 persen harimau yang hidup di alam liar, tidak hanya langka harimau juga terancam punah.
ADVERTISEMENT

2. Monyet

Sekilas monyet terlihat menarik sebagai hewan peliharaan, padahal monyet adalah hewan langka yang terancam punah. Jika dijadikan hewan peliharaan, justru akan membuat kondisi dan mental monyet semakin memburuk hingga beresiko kematian.

3. Kucing Merah

Ada kucing merah sebagai kucing asli Kalimantan yang masuk ke dalam kelompok hewan langka. Sehingga kucing dengan bulu merah kastanye gelap dan kepala yang pendek ini tidak boleh dipelihara.

4. Rubah

Rubah adalah hewan yang lucu, tetapi hewan liar ini sangat sulit untuk dijinakkan, apalagi menjadi hewan peliharaan. Apalagi rubah juga memiliki kebutuhan khusus yang sulit ditemukan di lingkungan manusia.

5. Musang

Selanjutnya ada musang, hewan peliharaan favorit banyak orang ini termasuk hewan langka yang hampir punah. Namun tetap bisa dipelihara, hanya saja ada aturan ketat yang harus diperhatikan, sebaiknya tidak dipelihara.
ADVERTISEMENT

6. Macan Dahan Sunda

Macam Dahan Sunda adalah spesies macan tutul yang habitatnya di pulau Kalimantan dan Sumatera. Sayangnya sekarang ini cukup sulit menemukan macan dahan sunda di pulau Kalimantan dan Sumatera karena terancam punah.
Ada enam daftar hewan langka yang dilarang dijadikan sebagai hewan peliharaan karena seharusnya masuk ke penangkaran.(DSI)