6 Fakta Capybara sebagai Hewan Pengerat Terbesar di Dunia

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 22:27 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi fakta capybara, sumber foto: Pixabay by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi fakta capybara, sumber foto: Pixabay by pexels.com
ADVERTISEMENT
Capybara adalah hewan yang masuk ke dalam kategori hewan pengerat terbesar yang ada di dunia. Salah satu fakta Capybara yang unik adalah bisa tidur di air yang dangkal, sayangnya tidak semua orang tahu fakta ini.
ADVERTISEMENT
Hewan Capybara yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki tubuh berwarna cokelat kemerahan dengan kaki pendek yang unik. Sekilas, Capybara memiliki wajah yang hampir sama dengan marmut.
Dikutip dari buku Asal-Usul Spesies - On The Origin Of Species karya Michael Keller, simak beberapa fakta menarik dari Capybara dalam ulasan berikut.

Fakta Capybara yang Menarik

Ilustrasi fakta capybara, sumber foto: Rutpratheep Nilpechr by pexels.com
Capybara merupakan hewan bertubuh besar dengan wajah yang mirip seperti marmut dan bulunya lebih lebat. Berikut beberapa fakta Capybara yang menarik dan unik secara lebih lengkap.

1. Bisa Tidur di Air yang Dangkal

Hewan asli Amerika Selatan ini lebih sering ditemukan di sekitar air, bahkan Capybara bisa tidur di air yang dangkal. Aktivitas yang dilakukan ini sengaja untuk menjaga diri dari predator buas yang bisa memangsanya.
ADVERTISEMENT

2. Capybara Termasuk Kelompok Hewan Pengerat

Pada awalnya orang-orang zaman dulu menganggap Capybara masih satu spesies dengan babi. Padahal Capybara masuk ke dalam kelompok hewan pengerat yang masih berkerabat dekat dengan marmut dan cavies.

3. Mudah Berteman dengan Hewan Lain

Fakta selanjutnya yaitu Capybara yang mudah berteman dengan hewan lain meski tidak satu spesies dengannya. Capybara sering melakukan interaksi dengan burung, kura-kura, kucing, anjing, dan monyet karena sifatnya yang tenang.

4. Sumber Kehidupan Terbesarnya Adalah Air

Air merupakan sumber kehidupan utama bagi Capybara, tanpa air Capybara akan sulit untuk hidup dan berkembang. Tidak jarang Capybara juga memakan tanaman air hingga rerumputan yang tumbuh di sekitar sumber air.

5. Suka Memakan Kotorannya Sendiri

Sayangnya Capybara termasuk hewan yang cukup menjijikkan karena suka memakan kotorannya sendiri. Namun hal ini sangat bermanfaat bagi Capybara karena bisa mendapatkan nutrisi yang tidak terserap dengan baik sebelumnya.
ADVERTISEMENT

6. Hewan Semi Akuatik yang Lincah

Hewan semi akuatik ini juga memiliki kemampuan gerak yang lincah di darat, bukan hanya di air saja. Apalagi kakinya yang panjang memungkinkan Capybara untuk melompat, lari, dan bergerak dengan cepat.
Ada enam fakta Capybara yang penting diketahui oleh para pecinta hewan, terutama hewan-hewan unik.(DSI)