6 Fakta Kura-Kura Brazil yang Menarik Dipelihara di Rumah

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 22:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi fakta kura-kura brazil, sumber foto: Guryan by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi fakta kura-kura brazil, sumber foto: Guryan by pexels.com
ADVERTISEMENT
Kura-kura Brazil merupakan spesies reptil yang paling banyak digemari para pecinta hewan karena keunikannya. Apalagi ada banyak fakta kura-kura Brazil yang menarik, hingga membuat banyak orang terkagum-kagum.
ADVERTISEMENT
Selain itu, daya tahan tubuhnya yang cukup kuat membuat banyak orang tertarik memelihara kura-kura Brazil di rumah. Bahkan kura-kura Brazil bisa hidup hingga 20 tahun lamanya dalam pemeliharaan yang baik.
Dikutip dari buku Kunci Sukses Memelihara Kura-Kura Brazil - Untuk Hobbies karya Yo Hi Kuang, berikut beberapa fakta menarik kura-kura Brazil.

Fakta Kura-Kura Brazil

Ilustrasi fakta kura-kura brazil, sumber foto: Ralph by pexels.com
Spesies reptil seperti kura-kura Brazil belakangan ini banyak digemari berbagai kalangan dengan keunikannya. Namun jangan lupakan beberapa fakta kura-kura Brazil yang membuat banyak orang tertarik karena sifatnya jinak.

1. Reptil yang Paling Cerdas

Kura-kura Brazil tergolong reptil yang paling cerdas dari yang lainnya karena hebat dalam mengenali pemiliknya. Jika dibandingkan dengan spesies reptil lain, kura-kura Brazil memiliki penglihatan yang cukup baik.
ADVERTISEMENT

2. Suka Menyendiri

Sifat soliter atau suka menyendiri sangat melekat erat pada kura-kura Brazil yang terbukti kurang suka bersosialisasi. Kura-kura Brazil hanya akan berkumpul ketika musim kawin tiba, tetapi lebih suka berkelana jauh di alam liar.

3. Hewan yang Jinak

Fakta lainnya yaitu kura-kura Brazil termasuk hewan yang jinak dan tidak terlalu ribet soal makanan. Kura-kura Brazil lebih suka mengkonsumsi makanan yang mengandung protein hewani dan nabati seperti kehidupan di alam liar.

4. Rentan Menularkan Bakteri Salmonella

Jika dalam keadaan kurang bersih, kura-kura Brazil bisa menampung banyak bakteri salmonella hingga di sekujur tubuhnya. Bakteri salmonella sendiri adalah bakteri yang berbahaya bagi manusia karena bisa menyerang sistem pencernaan.

5. Salah Satu Reptile Purba

Waktu itu pernah ditemukan fosil kerabat dari kura-kura Brazil yang sudah berusia 5,5 juta tahun. Penemuan ini secara tidak langsung membuka jalan studi untuk mengetahui lebih dekat terkait kura-kura Brazil.
ADVERTISEMENT

6. Mampu Menggerakkan Otot Mata Seperti Mamalia

Bukan hanya itu, tetapi kura-kura Brazil bisa menggerakkan otot matanya seperti mamalia, yaitu ke samping dan depan. Sehingga kura-kura Brazil termasuk reptil yang memiliki kemampuan baik dalam hal penglihatan.
Fakta kura-kura Brazil tersebut memang membuat beberapa orang mungkin kagum, apalagi kura-kura ini berbeda dengan yang lain. Tidak heran jika Kura-kura Brazil membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya di rumah.(DSI)