6 Fakta tentang Kucing Serval dari Afrika yang Ahli Berburu

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 19:49 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi fakta tentang kucing serval, sumber foto: ALTEREDSNAPS by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi fakta tentang kucing serval, sumber foto: ALTEREDSNAPS by pexels.com
ADVERTISEMENT
Kucing serval merupakan kucing liar dari Afrika yang memiliki pola kulit yang unik dengan tubuh yang ramping. Salah satu fakta tentang kucing serval adalah hewan pemburu paling sukses dari semua spesies kucing di dunia.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kucing serval termasuk hewan langka karena bukan termasuk kucing peliharaan yang umum dipelihara. Apalagi kucing serval sangat tidak dianjurkan untuk dijadikan hewan peliharaan, bahkan ada negara yang menganggap ini tindakan ilegal.
Dikutip dari buku 100 Perkara Kamu Patut Tahu Tentang Kucing dan Anak Kucing karya Steve Parker, simak beberapa fakta menarik tentang kucing serval berikut ini.

Fakta tentang Kucing Serval

Ilustrasi fakta tentang kucing serval, sumber foto: Jolijn Rosendaal by pexels.com
Kucing serval memang terlihat seperti macan tutul, karena corak fisiknya yang unik membuat banyak pecinta kucing tertarik. Apalagi ada banyak fakta tentang kucing serval yang jarang bahkan hampir tidak diketahui oleh pecinta kucing.

1. Pemburu Paling Sukses dari Semua Spesies Kucing

Serval memang memiliki ukuran yang relatif kecil, tetapi memiliki kemampuan berburu yang paling sukses dari semua jenis kucing. Bahkan kemampuan berburunya melebihi macan tutul dan singa yang hanya berhasil menangkap 4 mangsa.
ADVERTISEMENT

2. Lebih Suka Sendiri

Jika kucing lainnya suka ditemani, berbeda dengan kucing serval yang lebih suka menyendiri. Kucing serval jantan dan betina hanya akan berkumpul ketika betina sedang birahi meski hanya beberapa hari.

3. Pandai Berkamuflase

Tubuhnya yang ramping membuat kucing serval lebih mudah bergerak untuk berkamuflase. Saat berkamuflase, kucing serval akan menampilkan bulu berwarna kuning kecoklatan dengan pita dan bintik-bintik hitam yang menutupi.

4. Berumur Panjang

Jika di alam liar, kucing serval memiliki umur untuk hidup maksimal 10 tahun lamanya. Namun akan lebih lama hingga dua kali lipat jika kucing serval berada di penangkaran dengan perawatan yang tepat.

5. Kemampuan Melompat Tinggi

Kucing serval terkenal dengan kemampuannya dalam melompat tinggi saat mengejar serangga atau burung. Bahkan kucing serval bisa melompat secara horizontal hingga 12 kaki untuk membunuh target mangsanya.
ADVERTISEMENT

6. Telinga Besar yang Sama Seperti Mata

Serval adalah kucing yang memiliki telinga dengan fungsi yang sama seperti mata. Telinga ini bisa menjadi radar terbaik untuk menemukan mangsa di rerumputan sebelum menerkam.
Itulah beberapa fakta tentang kucing serval yang tidak seharusnya dijadikan hewan peliharaan.(DSI)