6 Pengganti Sekam Bakar yang Dapat Menjadi Media Tanam

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
19 September 2023 21:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pengganti Sekam Bakar. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pengganti Sekam Bakar. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pengganti sekam bakar sebaiknya diketahui oleh mereka yang mempunyai hobi berkebun.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Cara Tepat Memupuk Tanaman Hias, sekam bakar merupakan media yang terbuat dari sekam padi. Adapun keunggulan dari sekam bakar adalah daya tahan mencapai satu tahun, steril, serta mampu menciptakan aerasi yang baik.
Sayangnya, tidak semua orang dapat menemukan sekam bakar dengan mudah. Maka dari itu terdapat beberapa media tanam lain yang siap menggantikannya. Apa saja?

Pengganti Sekam Bakar yang Dapat Menjadi Media Tanam

Ilustrasi Pengganti Sekam Bakar. Sumber: Unsplash
Berikut ini beberapa pengganti sekam bakar yang dapat dipilih untuk menjadi media tanam:

1. Serbuk Gergaji Kayu

Pengganti sekam bakar yang pertama adalah serbuk gergaji kayu yang merupakan bahan limbah industri pengolahan kayu. Serbuk ini bisa dipakai sebagai bahan campuran media tanam untuk memperbaiki drainase dan meningkatkan porositas.
ADVERTISEMENT

2. Rockwool

Rockwool dikenal juga sebagai batu wol. Rockwool merupakan bahan media tanam buatan yang berasal dari serat mineral alami yang dilelehkan kemudian diproses menjadi serat halus. Bahan dasarnya adalah bebatuan vulkanik seperti dolomit.

3. Cocopet

Cocopet merupakan serat kelapa atau sabut kelapa kering. Media ini dihasilkan dari serabut dan kulit kelapa yang sudah diolah serta dikemas menjadi bentuk serpihan halus.

4. Duan Bambu

Daun bambu mempunyai struktur poros serta mampu membuat drainese baik ketika digunakan sebagai media tanam. Selain itu, duan bambu juga bisa menahan kelembapan dengan baik sehingga sangat bermanfaat bagi jenis tanaman yang membutuhkan air yang stabil.

5. Arang Kayu

Pengganti sekam bakar yang berikutnya adalah arang kayu. Media satu ini bisa didapatkan dengan membakar kayu. Manfaat arang kayu sebagai media tanam adalah mampu memberi drainase yang baik sehingga mencegah genanngan air belebihan.
ADVERTISEMENT
Arang kayu juga mempunyai struktur berongga dan poros yang dapat menjaga sirkulasi udara yang baik bagi akar tanaman.

6. Hidroponik

Kini sudah banyak media tanam hidroponik yang dapat digunakan sebagai pengganti sekam bakar. Media satu ini banyak digunakan dan dikembangkan di perkotaan.
Media tanam hidroponik merupakan media yang digunakan untuk sistem hidroponik dimana tumbuhan bisa tumbuh tanpa adanya tanah. Nutrisi yang dibutuhkan tanaman akan diberi langsung melalui larutan nutrisi dalam air.
Itulah sekilas pembahasan mengenai pengganti sekam bakar yang dapat menjadi media tanam.(LAU)