Konten dari Pengguna

6 Penyakit Ikan Mas Koki yang Harus Diwaspadai

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
20 September 2023 22:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Penyakit Ikan Mas Koki. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Penyakit Ikan Mas Koki. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Terdapat banyak penyakit ikan mas koki yang harus dipahami oleh pemilik. Penyakit tersebut bisa disebabkan oleh jamur, virus, maupun parasit.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Pembenihan Ikan Mas Koki, ikan mas koki mempunyai bentuk tubuh unik dan sangat menarik. Bentuk tubuhnya pendek dan gemuk, dengan sirip menjuntai dan panjang yang membuat ikan ini sangat cantik.
Sayangnya, dibalik keindahan ikan mas koki, terdapat berbagai penyakit yang dapat menghampiri. Apa saja?

Penyakit Ikan Mas Koki yang Harus Diwaspadai

Ilustrasi Penyakit Ikan Mas Koki. Sumber: Unsplash
Berikut ini beberapa penyakit ikan mas koki yang harus diketahui dan diwaspadai oleh sang pemilik:

1. Jamur

Jamur merupakan salah satu penyakit yang rentan menyerang ikan mas koki. Gejalanya yaitu tumbuhnya serabut seperti kapas pada tubuh maupun sirip ikan. Akibatnya, nafsu makan ikan akan berkurang hingga hilang.

2. Carp Pox

Penyakit ikan mas koki berikutnya adalah carp pox. Penyakit ini disebabkan penyebaran virus dalam kolam maupun akuarium. Tanda dari carp pox adalah munculnya benjolan kecil halus seperti cacar pada tubuh ikan mas koki.
ADVERTISEMENT

3. White Spot

White spot merupakan penyakit ikan mas koki yang disebabkan oleh parasit di lapisan bawah kulit ikan. Tandanya adalah bintik-bintik putih yang muncul tiba-tiba. Dampak white spot adalah ikan menjadi stres dan lebih banyak mengapung daripada berenang.

4. Dropsy

Penyakit ikan mas koki berikutnya adalah dropsy, yaitu penumpukan cairan di tubuh ikan. Misalnya pola makan buruk, infeksi kulit, sampai munculnya tumor menonjol di bagian sisik ikan mas koki.

5. Kutu Ikan

Kutu ikan adalah jenis penyakit pada ikan mas koki yang sangat cepat penyebarannya karena menghisap darah. Untuk mengatasi kutu ikan, pemilik dapat mengkarantina ikan yang terpapar dari ikan lainnya supaya tidak tertular.

6. Velvet

Velvet atau bintik emas merupakan salah satu penyakit yang sangat langka namun tetap harus diwaspadai. Penyakit ini disebabkan oleh parasit. Salah satu cara mengobati penyakit ini adalah dengan memberi tutup pada bagian atas akuarium.
ADVERTISEMENT
Nah, itu dia sekilas pembahasan mengenai penyakit ikan mas koki yang harus diwaspadai. (LAU)