Konten dari Pengguna

6 Perlengkapan Karate yang Diperlukan saat Latihan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
8 Mei 2024 23:49 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi perlengkapan karate yang diperlukan. Foto: Thao Lee/Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perlengkapan karate yang diperlukan. Foto: Thao Lee/Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perlengkapan karate yang diperlukan wajib ada dalam sesi latihan maupun saat pertandingan. Adanya perlengkapan karate akan memudahkan dalam mempelajari karate secara profesional.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah beberapa perlengkapan karate yang diperlukan dan harus disiapkan.

Berbagai Perlengkapan Karate yang Diperlukan

Ilustrasi perlengkapan karate yang diperlukan. Foto: Thao Lee/Unsplash
Melansir ukm.um-surabaya.ac.id, karate adalah olahraga bela diri asal Jepang sekaligus seni bela diri yang telah mendunia. Kepopulerannya sudah meluas hingga ke Indonesia.
Terbukti dari banyaknya orang Indonesia yang mempelajari bela diri tersebut, baik sebagai bekal perlindungan diri maupun mempelajari secara profesional.
Sebagai olahraga bela diri, karate tidak boleh dilakukan sembarang. Entah itu gerakan memukul, menendang, dan sebagainya harus dilakukan dengan teknik tertentu. Selain itu, dalam melakukannya, para atlet pun wajib memakai sejumlah peralatan karate.
Pemakaian peralatan karate bertujuan untuk mencegah tubuh dari cedera. Apa saja peralatan karate yang diperlukan? Berikut beberapa di antaranya.

1. Body Protector

Peralatan karate pertama yang wajib dipakai adalah pelindung tubuh alias body protector. Penggunaan alat ini berkaitan dengan pukulan dan tendangan lawan yang menyasar tubuh bagian atas. Dengan alat ini, maka tubuh bagian atas akan terlindungi dari serangan lawan.
ADVERTISEMENT

2. Shin Guard

Shin guard atau alat pelindung kaki berfungsi untuk melindungi kaki, terutama bagian tulang kering dari benturan saat karate. Penggunaan shin guard akan semakin lengkap dengan alat pelindung lainnya, yaitu sepatu keselamatan.

3. Female Chest Protector

Sesuai namanya, female chest protector merupakan peralatan karate khusus perempuan. Fungsi alat ini adalah untuk melindungi bagian dada perempuan agar tidak terkena pukulan keras dan membahayakan.
Female chest protector terdiri dari bra yang bisa disesuaikan dengan bentuk badan serta shell epe untuk melindungi bagian ketiak.

4. Face Mask

Face mask merupakan alat pelindung khusus bagian wajah. Saat melakukan olahraga karate, bagian wajah merupakan area yang paling berisiko terkena pukulan maupun tendangan. Alat ini menjadi peralatan wajib baik untuk pemula maupun senior.

5. Gum Shield

Gum shield juga peralatan wajib karate yang tidak boleh dilupakan. Alat pelindung gigi dan mulut ini punya peran sangat penting, bahkan di cabang bela diri lainnya. Perlengkapan ini dapat membantu mencegah cedera pada gigi dan mulut yang rentan terkena benturan.
ADVERTISEMENT

6. Hand Protector

Bagian tangan juga harus mendapatkan perlindungan ekstra dengan menggunakan hand protector. Alat ini akan melindungi tangan, terutama bagian jari-jari. Sebaiknya, pilih hand protector yang sesuai dengan standar karate.
Demikian perlengkapan karate yang diperlukan dan wajib dipakai, baik untuk latihan maupun pertandingan. Peralatan tersebut tidak hanya harus digunakan oleh para pemula, tetapi juga oleh mereka yang sudah mahir. (DN)