6 Tips Menanam Bonsai dari Biji Agar Tumbuh Berkualitas

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Mei 2024 20:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tips Menanam Bonsai dari Biji. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tips Menanam Bonsai dari Biji. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tips menanam bonsai dari biji dapat dilakukan untuk menghasilkan tumbuhan berkualitas. Dikutip dari buku Membuat & Mempercantik Bonsai oleh Budi Hardiansyah, bonsai merupakan seni pemangkasan tanaman supaya tumbuh kecil atau kerdil. Inilah mengapa untuk menghasilkan bonsai sempurna dibutuhkan waktu lama. Menanam bonsai dapat dilakukan dari biji dengan menerapkan tips tertentu. Apa saja?
ADVERTISEMENT

Tips Menanam Bonsai dari Biji

Ilustrasi Tips Menanam Bonsai dari Biji. Sumber: Unsplash
Berikut ini beberapa tips menanam bonsai dari biji supaya tumbuh dengan baik:

1. Memilih Biji yang Berkualitas

Kualitas biji akan memengaruhi kualitas pertumbuhan bonsai selanjutnya. Semakin berkualitas biji yang dipilih, maka tanaman bonsai semakin berkualitas. Pemilihan biji bonsai bisa dilakukan dengan mengambil dari tanaman yang sudah besar atau membelinya secara langsung di toko maupun melalui online.

2. Melakukan Persiapan Matang

Tips menanam bonsai dari biji berikutnya adalah dengan mempersiapkan berbagai alat yang dibutuhkan. Mulai dari wadah kecil, pinset, botol semprot, sampai plastik.

3. Mempersiapkan Tanah

Tanah yang akan digunakan sebagai media tanam bonsai harus memiliki drainase yang baik untuk mendukung pertumbuhan. Tujuannya yakni menjaga kelembapan bonsai. Salah satu bahan pembuat tanah yang optimal bagi pertumbuhan bonsai yakni campuran bahan organik seperti lumut gambut atau kompos.
ADVERTISEMENT

4. Waktu Penaburan

Tips menanam bonsai dari biji selanjutnya yakni memperhatikan waktu yang tepat. Penanaman bonsai sebaiknya dilakukan ketika musim kemarau dengan paparan sinar matahari melimpah.

5. Stratifikasi Bibit Bonsai

Stratifikasi bibit bonsai harus dilakukan pada suhu tepat, yakni pada suhu dingin antara 0 sampai 5 derajat celcius selama beberapa minggu.

6. Memulai Penanaman

Penanaman bonsai dilakukan dengan mengeluarkannya terlabih dahulu dari wadah stratifikasi. Setelahnya, tqnaman dipindah ke wadah baru dengan jarak antartanaman dan kedalaman sesuai.

7. Perawatan

Supaya bonsai yang ditanam dapat tumbuh dengan baik, pemilik harus melakukan perawatan. Salah satunya menyiram secara teratur yakni menggunakan botol semprot. Nah itu dia sekilas pembahasan mengenai tips menanam bonsai dari biji.(LAU)