7 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk yang Sebaiknya Ditanam di Rumah

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
20 Februari 2024 23:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
Jenis tanaman pengusir nyamuk dapat menjadi solusi bagi rumah yang terletak di wilayah rawan nyamuk.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Tanaman Obat & Ramuan Tradisional oleh Suharmiati dan Lestari Handayani, tanaman pengusir nyamuk merupakan jenis tanaman yang dalam kondisi hidup mampu menghalau nyamuk. Tanaman ini mempunyai aroma yang menyengat sehingga tidak disukai serangga, termasuk nyamuk.
Lantas, apa saja jenis tanaman pengusir nyamuk yang dapat ditanam di rumah?

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Ilustrasi Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk. Sumber: Unsplash
Berikut ini beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk:

1. Marigold

Biasanya, tanaman marigold ditanam di kebun untuk mencegah serangan serangga maupun hama lainnya. Jenis tanaman satu ini mudah dipelihara dan dapat tumbuh dengan baik.

2. Daun Mint

Jenis tanaman pengusir nyamuk berikutnya adalah daun mint atau peppermint. Tanaman satu ini mengeluarkan aroma segar yang banyak disukai manusia, namun dibenci nyamuk. Daun mint dapat menyebar cepat sehingga efektif untuk mengusir nyamuk.
ADVERTISEMENT

3. Lavender

Tanaman lavender merupakan jenis tanaman yang banyak disukai karena pemeliharaan yang mudah serta tahan kering. Banyak orang mempunyai lavender di kebun atau rumah mereka.
Selain mudah tumbuh, tanaman lavender juga menghasilkan minyak yang terbukti sangat efektif dalam mengusir nyamuk. Disamping aromanya, bunga ungu lavender terlihat begitu menarik bagi serangga penyerbuk.

4. Citronella

Jenis tanaman pengusir nyamuk berikutnya adalah citronella. Tanaman satu ini mempunyai aroma kuat seperti jeruk yang sangat tidak disukai nyamuk. Bau tanaman citronella sama dengan aroma yang biasa digunakan pada lilin pengusir serangga.
Tanaman citronella dapat ditanam di taman maupun sebagai tanaman kontainer.

5. Basil

Basil menjadi jenis tanaman yang tidak disukai nyamuk karena aromanya yang sangat kuat. Daun tersebut biasa dihancurkan untuk dijadikan semprotan nyamuk. Tak hanya nyamuk, basil juga dapat mengusir jenis hama lain di kebun.
ADVERTISEMENT

6. Sage

Jenis tanaman pengusir nyamuk berikutnya adalah sage. Sage merupakan tanaman yang berbunga di musim semi dengan aroma yang efektif dalam mengusir nyamuk. Tanaman satu ini juga dapat menjadi tanaman pendamping yang baik.

7. Serai

Minyak sereh yang ada di dalam serai efektif sebagai pengusir serangga. Inilah mengapa, banyak orang menghancurkan daun serai untuk dioleskan pada kulit. Salah satu kelebihan tanaman ini adalah mudah ditanam dan menarik sebagai tanaman hias.
Itu dia sekilas pembahasan mengenai jenis tanaman pengusir nyamuk.(LAU)