7 Tips Memilih Pot Bunga yang Tepat di Ruangan Sempit

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
19 Mei 2024 21:22 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ilustrasi pot bunga (Pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi pot bunga (Pixabay)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menata bunga dalam ruangan sempit memerlukan pemilihan pot yang cermat untuk memaksimalkan ruang yang tersedia.
ADVERTISEMENT
Pemilihan pot yang tepat akan memastikan tanaman tumbuh sehat dan ruangan tetap nyaman dan fungsional.
Untuk itu, simak berbagai tips memilih pot bunga yang tepat di ruangan sempit berikut ini.

Tips Memilih Pot Bunga yang Tepat di Ruangan Sempit

ilustrasi pot bunga (Pixabay)
Berdasarkan informasi dari buku Mengenal Ruang Lingkup Tanaman Hias karya Evinola, menanam bunga dalam ruangan memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan kualitas udara, memberikan suasana yang lebih segar, dan mempercantik interior rumah.
Tanaman hias juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood.
Namun, di ruangan yang sempit, pemilihan pot yang tepat sangat penting untuk memastikan tanaman tumbuh sehat tanpa mengganggu estetika dan fungsionalitas ruangan.
Memilih pot bunga yang tepat di ruangan sempit memerlukan beberapa pertimbangan agar tanaman bisa tumbuh dengan baik tanpa mengganggu kenyamanan ruang.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah beberapa tips memilih pot bunga yang tepat untuk menciptakan suasana hijau dan menyegarkan di ruangan sempit.

1. Ukuran Pot

Pilih pot dengan ukuran yang sesuai dengan tanaman yang akan ditanam. Hindari pot yang terlalu besar karena akan memakan banyak tempat.
Ukuran pot yang ideal adalah yang cukup untuk menampung akar tanaman dan memungkinkan pertumbuhannya, tetapi tetap proporsional dengan ruang yang tersedia.

2. Bentuk Pot

Bentuk pot juga penting untuk dipertimbangkan. Pilih pot dengan bentuk yang bisa mengoptimalkan ruang, seperti pot vertikal atau pot dinding.
Pot berbentuk persegi atau persegi panjang lebih efisien dalam penggunaan ruang dibandingkan pot bulat di ruangan sempit.

3. Material Pot

Material pot bisa mempengaruhi penampilan dan berat pot. Pot dari bahan plastik ringan dan mudah dipindahkan, tetapi mungkin kurang estetis.
ADVERTISEMENT
Pot keramik atau tanah liat lebih menarik secara visual tetapi lebih berat dan rentan pecah. Pot dari bahan logam atau kayu bisa menjadi pilihan yang menarik dan tahan lama.

4. Desain dan Warna

Desain dan warna pot juga perlu disesuaikan dengan dekorasi ruangan. Pilih pot dengan desain minimalis dan warna netral untuk ruangan dengan gaya modern.
Pot yang menarik dapat menjadi elemen dekoratif yang menambah keindahan ruangan.

5. Penempatan Pot

Pertimbangkan penempatan pot agar tidak mengganggu sirkulasi dan aktivitas di ruangan. Tempatkan pot di sudut-sudut ruangan, di atas meja, atau di rak dinding.
Gunakan pot gantung atau rak tanaman vertikal untuk menghemat ruang lantai.

6. Jenis Tanaman

Jenis tanaman yang akan ditanam juga mempengaruhi pemilihan pot. Tanaman dengan sistem akar yang besar membutuhkan pot yang lebih dalam, sedangkan tanaman dengan akar dangkal bisa tumbuh baik di pot yang lebih kecil.
ADVERTISEMENT

7. Aksesibilitas dan Perawatan

Pilih pot yang mudah diakses untuk penyiraman dan perawatan. Pastikan pot memiliki sistem drainase yang baik untuk mencegah akumulasi air yang bisa merusak tanaman.
Itulah berbagai tips memilih pot bunga yang tepat guna menciptakan taman kecil di ruangan sempit. (AZS)