8 Tanaman Langka yang Dilindungi di Indonesia

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 23:09 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tanaman langka. Sumber: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tanaman langka. Sumber: pixabay
ADVERTISEMENT
Tumbuhan langka secara alamiah umumnya mempunyai populasi yang sedikit di alam karena daerah atau lokasi sebarannya terbatas dan habitatnya yang spesifik, seperti jenis-jenis endemik. Tanaman langka yang dilindungi di Indonesia diantaranya adalah Pakis Hanoman dan Acung Jangkung.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Tumbuhan Langka di Indonesia karya Ruyani, tanaman lamgka yang dilindungi di Indonesia umumnya mengalami penurunan populasi di alam karena berbagai tekanan seperti eksploitasi berlebihan, perusakan habitat, atau alih fungsi lahan.

Tanaman Langka yang Dilindungi di Indonesia

Ilustrasi tanaman langka. Sumber: pixabay
Tanaman langka ini sering mengalami terjadinya pencemaran udara, air, dan darat memiliki implikasi secara langsung terhadap ekosistem tumbuhan. Berikut penjelasan apa saja tanaman langka di Indonesia.

1. Kedepir atau Repeh

Jenis mangga-manggaan ini mempunyai daerah persebaran yang relatif sempit sampai mengalami penurunan kualitas habitat. Saat ini sudah dilakukan konservasi pada beberapa daerah untuk melestarikan tanaman kedepir ini.

2. Acung Jangkung

Acung jangkung termasuk jenis tumbuhan endemik yang hanya dapat dijumpai di Jawa Barat hingga Jawa Tengah bagian barat.
ADVERTISEMENT

3. Rotan Inun

Tumbuhan Rotan Inun hanya dapat ditemukan di Bangka Belitung dan sekitarnya. Jenis tumbuhan ini sangat langka untuk ditemukan karena tempat tumbuhnya di hutan alami sudah banyak diubah menjadi pemukiman atau tempat industri.

4. Pakis Hanoman atau Penawar Jambi

Pembakaran lahan yang masif serta alih fungsi lahan menjadi perkebunan karet, kopi, hingga kelapa sawit akhirnya mematikan pertumbuhan dari jenis paku tiang ini. Umumnya, jenis Pakis Hanoman ini banyak ditemukan di daerah Bengkulu.

5. Keruing Bunga

Jenis dari tumbuhan jenis meranti yang terancam punah ini berstatus genting karena populasi yang semakin menciut.
Penyebabnya yaitu pembalakan hutan liar hingga alih fungsi lahan. Saat ini, tanaman keruing bunga dapat ditemukan di beberapa daerah di Jawa, Bali, Sumbawa, hingga Kalimantan.

6. Anggrek-anggrekan

Jenis dari tanaman anggrek-anggrekan ini mempunyai wilayah persebaran yang sangat terbatas, yaitu hanya di wilayah gunung Halimun dan wilayah gunung Karang di Jawa Barat.
ADVERTISEMENT

7. Kantong Semar Bertaring

Jenis kantong semar ini hanya ditemukan di beberapa tempat di wilayah Kalimantan Barat.
Jenis tanaman ini banyak diburu untuk tanaman hias juga pertumbuhannya sangat lambat, maka tumbuhan ini menjadi defisit dengan jumlah yang signifikan.
Ditambah lagi, adanya kerusakan habitat hingga kebakaran hutan mengakibatkan degradasi persebaran dari kantong semar bertaring.

8. Julang

Status tumbuhan Julang ini kritis disebabkan tingginya tingkat eksploitasi. Kayu tumbuhan julang inu sangat kuat dengan tinggi pohon dewasa bisa mencapai sekitar 40 meter.
Demikian penjelasan mengenai tanaman langka yang dilindungi di Indonesia. (ARH)