9 Tanaman yang Tidak Disukai Nyamuk untuk Ditanam di Rumah

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
16 Oktober 2023 17:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi : Tanaman yang Tidak Disukai Nyamuk. Sumber : Anastasia Shuraeva/Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi : Tanaman yang Tidak Disukai Nyamuk. Sumber : Anastasia Shuraeva/Pexels.com
ADVERTISEMENT
Kehadiran nyamuk sangat mengganggu. Tidak heran berbagai cara dilakukan untuk mengusir nyamuk, salah satunya dengan menggunakan tanaman khusus. Ada beberapa tanaman yang tidak disukai nyamuk dan bisa ditanam di rumah.
ADVERTISEMENT
Lantas apa saja tanaman yang dibenci nyamuk? Simak rekomendasi tanamannya dalam uraian di bawah ini!

Rekomendasi Tanaman yang Tidak Disukai Nyamuk

Ilustreasi : Tanaman yang Tidak Disukai Nyamuk. Sumber : Jessica Lewis/Pexels.com
Agus Kardinan dalam buku berjudul Tanaman Pengusir dan Pembasmi Nyamuk, menjelaskan bahwa tanaman yang bisa mengusir nyamuk ada banyak, bahkan tanaman ini bisa dijadikan tanaman hias di rumah.
Adapun tanaman yang tidak disukai nyamuk adalah :

1. Zodia

Merupakan tanaman yang termasuk keluarga Rutaceae. Bentuk tanaman ini cukup menarik dan banyak digunakan sebagai tanaman hias.
Zodia asalnya dari Papua dan bisa dijadikan tanaman pengusir nyamuk serta penghalau serangga. Hal ini karena kandungan evodiamine dan rutaecarpine yang tidak disukai serangga.

2. Lavender

Lavender adalah tanaman yang tidak disukai nyamuk. Tidak heran, lavender banyak digunakan sebagai bahan pembuatan obat nyamuk. Lebih bagusnya lagi, lavender bisa ditanam di rumah sebagai dekorasi.
ADVERTISEMENT

3. Rosemary

Tanaman dibenci nyamuk selanjutnya adalah Rosemary. Alasannya adalah aroma yang dihasilkan sangat menyengat dan tidak disukai nyamuk dan serangga. Rosemary bisa ditanam di luar maupun dalam ruangan.

4. Allium

Tanaman satu ini bisa ditanam di rumah dan termasuk dalam jenis umbi-umbian yang tidak disukai nyamuk. Contohnya adanya bawang bombai dan bawang putih, alasannya karena tanaman ini memiliki aroma yang kuat.

5. Serai

Serai terkenal sebagai aroma kuat yang dibenci nyamuk. Adanya kandungan sitronela pada serai membantu mengusir nyamuk dengan baik. Serai bisa ditanam dalam pot dan dijadikan dekorasi agar rumah tampak segar.

6. Basil

Tanaman basil adalah salah satu tanaman yang dibenci nyamuk, sebab mempunyai aroma yang menyengat dan khas. Bukan hanya nyamuk, namun serangan juga membenci tanaman ini. Bentuk tanaman yang kecil sangat eksotik jika ditanam di rumah.
ADVERTISEMENT

7. Geranium

Geranium adalah tanaman yang dibenci nyamuk, sebab mempunyai wangi yang menyengat. Tanaman ini bisa dijadikan dekorasi di rumah dan bisa membuat suasana rumah semakin eksotik.

8. Catnip

Tanaman catnip adalah tanaman yang dibenci serangga. Alasannya, karena aroma catnip yang menyengat bisa membuat nyamuk dan serangga semakin tidak nyaman. Catnip juga cocok ditanam di lingkungan rumah.

9. Mint

Mint merupakan tanaman yang dibenci nyamuk, karena beraroma menyengat. Tanaman mint bisa ditanam di rumah untuk membuat dekorasi rumah semakin menarik.
Inilah beberapa tanaman yang tidak disukai nyamuk dan bisa ditanam di rumah. Semoga bermanfaat! (Ek)