Alasan Hewan Langka Sebaiknya Tak Dipelihara Meski Terlihat Unik

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 19:54 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi alasan hewan langka sebaiknya tak dipelihara, sumber foto: Pixabay by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi alasan hewan langka sebaiknya tak dipelihara, sumber foto: Pixabay by pexels.com
ADVERTISEMENT
Banyak orang yang tertarik memelihara hewan langka karena terlihat unik dan berbeda dari yang lain. Padahal hal ini tidak diperbolehkan, karena ada alasan hewan langka sebaiknya tak dipelihara yang masih terabaikan.
ADVERTISEMENT
Sekilas bermain dengan hewan liar hingga mengelus-elusnya adalah kegiatan yang menyenangkan dan menarik perhatian banyak orang. Namun ada resiko besar yang harus siap diterima ketika memelihara hewan langka yang terancam punah.
Dikutip dari buku Get Smart Ilmu Pengetahuan Alam karya Aip Saripudin, simak beberapa alasan mengapa hewan langka tidak boleh dipelihara.

Alasan Hewan Langka Sebaiknya Tak Dipelihara

Ilustrasi alasan hewan langka sebaiknya tak dipelihara, sumber foto: David Atkins by pexels.com
Para pecinta dan yang hobi memelihara hewan memang sering kali tergoda untuk memelihara hewan langka karena keunikannya. Padahal ini tidak boleh dilakukan, berikut alasan hewan langka sebaiknya tak dipelihara.

1. Berpotensi Menyebabkan Kepunahan

Hewan langka sangat rawan punah, bahkan jika dijadikan hewan peliharaan mungkin akan mendorong terjadinya perdagangan liar. Hal ini tanda disadari dapat membuat populasi hewan langka semakin berkurang.
ADVERTISEMENT

2. Berisiko Besar

Sebagian besar hewan langka adalah hewan liar yang beresiko tinggi menimbulkan luka bagi pemelihara. Mengingat hewan yang termasuk hewan langka adalah harimau, singa, reptil, dan hewan berbahaya lainnya.

3. Melanggar Undang-undang

Setiap negara tentu memiliki peraturan dalam memelihara hewan langka, bahkan tindakan ini akan dilarang. Jika tetap ingin memelihara hewan langka, maka sangat berisiko terjerat pasal pelanggaran undang-undang.

4. Mendorong Lebih Banyak Spesies Terancam Punah

Perdagangan hewan liar sangat berpotensi mengurangi populasinya dalam jumlah yang besar hingga terancam punah. Bahkan hewan yang belum terancam punah bisa menjadi punah akibat perdagangan hewan liar oleh oknum tidak bertanggung jawab.
Jika sudah masuk ke ranah perdagangan, maka permintaan untuk mencari hewan langka akan terus terjadi. Hal ini juga bisa mengakibatkan terjadinya pemburuan liar terhadap hewan-hewan yang hampir punah.
ADVERTISEMENT

5. Kebutuhan Tidak Dapat Terpenuhi

Selain buruk, pasti masih ada manusia yang memiliki niat baik dalam memelihara hewan langka di rumahnya. Padahal hewan yang terbiasa hidup di alam liar akan sulit beradaptasi dengan kebutuhan di lingkungan rumah.
Hewan langka yang hidup di alam liar memang lebih cocok tinggal di alam liar agar populasinya tetap terjaga. Tidak heran jika ada banyak alasan hewan langka sebaiknya tak dipelihara meski sangat menarik.(DSI)