Apa Perbedaan Bonsai Tempelan dan Bonsai Asli? Cek di Sini

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
18 Mei 2024 23:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Perbedaan Bonsai Tempelan dan Bonsai Asli. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Perbedaan Bonsai Tempelan dan Bonsai Asli. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perbedaan bonsai tempelan dan bonsai asli harus diketahui sebelum membeli tanaman kerdil satu ini.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Galeri Bonsai, bonsai merupakan tanaman yang terus tumbuh. Inilah mengapa bentuk bonsai yang sudah bagus cenderung berubah dengan tumbuhnya ranting dan anak ranting baru.
Terdapat perbedaan antara bonsai asli dengan bonsai tempelan. Bagaimana penjelasannya?

Apa Perbedaan Bonsai Tempelan dan Bonsai Asli?

Ilustrasi Perbedaan Bonsai Tempelan dan Bonsai Asli. Sumber: Unsplash
Sebenarnya, tampilan dari binsai asli dan tempelan cenderung sama. Perbedaan keduanya terletak pada proses pembentukan batang bonsai. Bentuk bonsai yang sempurna hanya tercapai jika pemilik mau bersabar selama bertahun-tahun.
Untuk mengantisipasinya, sebagian orang menerapakan teknik tempelan pada bosai kesayangan. Teknik satu ini telah banyak dilakukan para pecinta bonsai. Kelebihannya yakni pemilik bisa menciptakan batang baru pada letak sesuai keinginan.
Penerapan teknik tempelan pada bonsai juga bisa menjadi langkah untuk memperbesar bagian tertentu seperti cabang dan batang. Caranya yakni dengan menempelkan batang baru dengan menyesuaikan alur batang yang ingin dipergemuk.
ADVERTISEMENT
Hasil dari bonsai tempel dikatakan lebih menarik. Pasalnya, pemilik dapat mengatur sendiri gaya yang diinginkan pada bonsai kesayangan. Sedangkan, pada bonsai asli pemilik hanya dapat mengendalikan bentuk tanaman dengan cara memotong pertumbuhan batang secara teratur.
Proses penempelan bonsai tidak mudah. Pasalnya, dibutuhkan ketelitian tinggi ketika menempelkan batang baru yang harus berdempetan dengan batang lama. Hal ini bisa dilakukan dengan mengikatkan kawat atau tali maupun menekan penahan paku secara langsung pada batang lama.
Tak hanya memperkuat batang, teknik tempelan bonsai juga bisa memperkuat akar. Langkahnya yakni dengan menempatkan batang baru di batang lama dengan lokasi media tanam yang baru. Dengan demikian, tampilan akar lebih kokoh.
Fungsi lain dari teknik tempelan bonsai yakni bisa memperbaiki kontur tanaman. Hasilnya, kesan tua akan sangat terlihat. Untuk menghadirkan kesan ini, bakalan yang diambil harus berbentuk bulat dan halus.
ADVERTISEMENT
Nah itu dia sekilas pembahasan mengenai perbedaan bonsai tempelan dan bonsai asli yang penting dipahami para pecintanya.(LAU)