Apa Saja Bau yang Tidak Disukai Kucing? Cek di Sini

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
18 Oktober 2023 22:59 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Bau yang Tidak Disukai Kucing. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Bau yang Tidak Disukai Kucing. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
Kucing merupakan jenis hewan yang memiliki indera penciuman sangat baik. Bahkan kucing dapat membedakan bau lebih akurat daripada anjing.
ADVERTISEMENT
Namun, kucing juga bisa membenci beberapa bau tertentu. Salah satu bau yang tidak disukai kucing adalah lavender.
Ketahui apa saja bau yang tidak disukai kucing dalam ulasan di bawah ini.

Apa Saja Bau yang Tidak Disukai Kucing?

Ilustrasi Bau yang Tidak Disukai Kucing. Sumber: Unsplash
Dikutip dari buku Ensiklopedia Mini Hewan, kucing merupakan peliharaa yang bersih, tenang, dan ramah. Walaupun bisa mandiri, namun hewan satu ini tetap perlu dirawat dengan baik.
Dalam perawatannya, ada beberapa hal yang penting diketahui oleh si pemilik, termasuk mengenai bau apa saja yang tidak disukai kucing.
Berikut ini adalah beberapa jenis bau yang tidak disukai oleh kucing.

1. Lavender

Selain berguna untuk mengusir serangga, ternyata bau lavender cukup efektif untuk mengusir kucing. Aroma menyengat yang dikeluarkan oleh lavender membuat kucing menjadi tidak nyaman sehingga bergerak menjauh.
ADVERTISEMENT
Bagi kucing, lavender tidak hanya menyenangat, namun juga dianggap beracun.

3. Jeruk

Bau yang tidak disukai kucing berikutnya adalah aroma jeruk citrus. Ada beberapa aroma jeruk citrus yang tidak kucing sukai, yaitu jeruk, lemon, mandarin, dan limau.
Selain menyengat, kucing juga tidak menyukai aroma jeruk karena berkaitan dengan kandungan di dalamnya. Pasalnya, jeruk mengandung senyawa trikarboksilat organik atau asam sitrat yang tidak disukai kucing.

4. Cuka

Cuka mempunyai aroma yang tidak sedap dan menyengat sehingga kucing tidak nyaman jika harus menghirupnya. Walaupun cuka sudah kering, kucing tetap tidak menyukai aroma satu ini.
Perasaan tidak suka pada aroma cuka justru membuat kucing menutupi baunya dengan membuang air kecil di area yang dirasa mengeluarkan aroma cuka.
ADVERTISEMENT

5. Kopi

Bagi sebagian orang, kopi mempunyai aroma yang harum dan banyak dijadikan parfum. Sayangnya, tidak bagi kucing. Bahkan aroma satu ini menjadi aroma yang paling dihindari oleh anabul.
Pasalnya, kafein dipandang sebagai racun bagi kucing. Karena itulah untuk dapat mengusir kucing liar dari halaman rumah, dapat dilakukan dengan menyebar ampas kopi pada beberapa bagian rumah.

6. Rosemary

Rosemary mempunyai aroma yang tidak disukai kucing walaupun tidak beracun. Aroma satu ini banyak ditemukan dalam minyak atsiri maupun pada tanamannya langsung. Selain dalam parfum, tanaman rosemary juga dapat mengusir kucing.
Demikian pembahasan mengenai apa saja bau yang tidak disukai kucing. (LAU)