Apa Saja yang Tidak Disukai Burung Walet? Cek di Sini

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
10 April 2024 23:20 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto Hanya Ilustrasi: Apa Saja yang Tidak Disukai Burung Walet?. Sunber: Chris F/Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Foto Hanya Ilustrasi: Apa Saja yang Tidak Disukai Burung Walet?. Sunber: Chris F/Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Burung walet atau Collocalia Fuciphaga merupakan burung yang banyak dibudidayakan. Namun, saat membudidayakannya ketahui hal-hal apa saja yang tidak disukai burung walet. Dengan demikian, budidaya burung walet bisa berhasil dan menguntungkan.
ADVERTISEMENT
Simak hal-hal yang tidak disukai burung walet yang wajib pemilik ketahui di sini!

Hal-Hal yang Tidak Disukai Burung Walet

Foto Hanya Ilustrasi: Apa Saja yang Tidak Disukai Burung Walet?. Sumber: Robert So/Pexels.com
Budiati dalam buku berjudul Tips Budidaya Sarang Burung Walet di Rumah menjelaskan bahwa burung walet mempunyai ciri-ciri, tubuhnya berwarna hitam bagian bawah tubuhnya coklat, bersayap runcing, dan ekornya panjang.
Burung walet sebenarnya merupakan burung yang hidup di gua dekat pantai. Ketinggian gua yang dihuni cukup tinggi, bahkan lebih dari 10 m. Temperatur dalam gua setidaknya 25-29 derajat celcius.
Kelembaban udara dalam gua yang ideal sekitar 85-95%. Namun, sekarang ini burung walet bisa dibudidayakan dengan cara lebih mudah. Saat ingin membudidayakan burung walet perhatikan beberapa pantangan berikut:

1. Burung Walet Tidak Suka dengan Beberapa Jenis Bau

Beberapa bau yang tidak disukai burung walet, contohnya bau terasi atau belacan, cabe goreng, asap sisa pembakaran, dan aroma gedung baru. Untuk menjaga burung walet tetap nyaman, sebaiknya jauhkan mereka dari bau-bauan tersebut.
ADVERTISEMENT

2. Sarang Terlalu Sempit

Sarang terlalu sempit membuat burung walet susah bergerak. Selain itu, burung walet yang suka bermanuver akan kesulitan melakukannya dan tidak bisa menemukan sarang terbaik. Untuk mengatasinya, pemilik bisa membuat ruangan void dengan baik agar burung merasa nyaman.

3. Tidak Suka dengan Binatang Predator

Pemilik burung walet harus menjauhkan burung walet dari predator mereka, seperti kutu busuk, kelelawar, tokek, dan cicak. Jika predator ini menyerang sarang burung walet, maka hasil sarangnya tidak berkualitas dan manfaatnya bisa rusak.

4. Ganti Suara Panggil atau Suara Inap

Pemilik akan merasa puas jika burung walet bisa keluar-masuk lewat lubang burung (LMB). Namun, jika LMB sepi biasanya pemilik akan memanggil dengan suara yang berbeda.
Hal ini malah membuat burung menjadi kebingungan. Soalnya burung walet muda memerlukan waktu 2-3 bulan untuk mengenali bahwa burung siap menempati gedung baru dengan suara panggil dan inap yang sama.
ADVERTISEMENT
Demikianlah informasi tentang apa saja yang tidak disukai burung walet yang perlu pemilik ketahui. Semoga bermanfaat! (eK)