Konten dari Pengguna

Apakah Kucing Bisa Mimpi? Ini Faktanya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
13 Februari 2024 22:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kucing bermimpi. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kucing bermimpi. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apakah kucing bisa mimpi? Pertanyaan itu kerap menjadi pembahasan menarik bagi pemilik kucing. Sama seperti makhluk hidup lainnya, kucing juga bisa mengalami bunga tidur atau mimpi.
ADVERTISEMENT
Bahkan, kucing juga bisa bermimpi tentang kehidupan sehari-hari atau hal buruk selayaknya manusia. Namun, yang menarik adalah mimpi kucing terjadi pada fase tertentu. Apa itu? Simak di bawah ini.

Apakah Kucing Bisa Mimpi? Ini Faktanya

Ilustrasi kucing mimpi. Sumber foto: Unsplash
Kucing merupakan salah satu hewan yang paling senang tidur. Jadi, bukan hal aneh jika melihat mereka selalu terlelap dibandingkan bangun dan beraktivitas seperti hewan pada umumnya.
Namun, salah satu pertanyaan yang kerap menjadi misteri adalah, apakah kucing bisa bermimpi selayaknya manusia? Ternyata, sama seperti makhluk hidup lain, kucing juga bisa mengalami mimpi.
Dilansir dari situs Purina, mimpi kucing biasanya terjadi pada tahap rapid eye motion (REM). Tahap ini ditandai dengan adanya aktivitas otak, seperti memproses mimpi dan menciptakan narasi. Selama fase REM inilah, kucing dan hewan lain selalu mengalami bunga tidur.
ADVERTISEMENT
Ketika bermimpi, kucing akan mengeluarkan beberapa suara, seperti mendesis. Selain itu, ia juga suka melengkungkan punggungnya. Hal ini terjadi karena otot motorik mereka sedang bereaksi terhadap gambar yang diputar dalam otak kucing.

Mimpi Kucing Ketika Tidur

Ketika tertidur, kucing biasanya bermimpi tentang kehidupan sehari-hari mereka, seperti bermain dengan kucing lain, makan, menghabiskan waktu bersama pemiliknya, hingga berburu.
Selain itu, kucing juga bisa bermimpi tentang burung atau hewan lain yang mereka lihat ketika sedang terjaga. Tak jarang, kucing juga kerap bermimpi buruk seperti dikejar oleh tikus besar atau hewan pemangsa lain. Perlu diketahui, bahwa kucing tidak memimpikan hantu.
Walaupun sedang tertidur lelap, kucing masih bisa waspada dengan keadaan sekitarnya. Bahkan, mereka bisa segera bertindak, jika mendengar dan mencium sesuatu yang menarik perhatian kucing.
ADVERTISEMENT
Hal ini berkaitan dengan naluri kucing untuk menghindari predator di malam hari, bahkan saat sedang terlelap. Mode ini biasanya disebut dengan "tidur-tiduran". (RN)