Apakah Kucing Caracal Berbahaya Dijadikan Hewan Peliharaan?

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 19:44 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi apakah kucing caracal berbahaya, sumber foto: Miguel Cuenca by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apakah kucing caracal berbahaya, sumber foto: Miguel Cuenca by pexels.com
ADVERTISEMENT
Kucing caracal adalah kucing dengan kemampuan luar biasa dan terkenal sebagai pemburu hebat dari Afrika. Lantas, apakah kucing caracal berbahaya dijadikan hewan peliharaan? Jawabannya, iya karena perilakunya sangat agresif.
ADVERTISEMENT
Identik dengan kemampuan berburu yang hebat membuat caracal tidak direkomendasikan untuk dipelihara karena dapat melukai manusia. Namun beberapa orang masih sulit memahami tentang larangan dan bahaya memelihara kucing caracal.
Dikutip dari buku Majalah Cat And Dog 30 (Juni-Juli 2020) karya Redaksi, simak terkait bahaya menjadikan kucing caracal sebagai hewan peliharaan.

Apakah Kucing Caracal Berbahaya?

Ilustrasi apakah kucing caracal berbahaya, sumber foto: Michael M by pexels.com
Ciri khas kucing caracal bisa dilihat dari telinganya yang terlibat mencuat hingga dapat memutar ke segala arah. Meski begitu, harus tahu apakah kucing caracal berbahaya jika dijadikan hewan peliharaan di rumah.
Pada dasarnya, caracal adalah kucing liar asli Afrika yang tidak cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan. Meski sebagai dijadikan sebagai hewan peliharaan melalui berbagai pelatihan, caracal tetaplah kucing liar.
ADVERTISEMENT
Hewan liar adalah hewan yang pergerakannya tidak bisa diprediksi, bahkan bisa sewaktu-waktu menyerang hewan lain hingga manusia. Seperti kucing caracal yang memiliki naluri liar yang bisa muncul kapan saja tanpa diprediksi.
Apalagi jika harus berhadapan dengan manusia, terutama anak-anak yang perilakunya dapat memancing naluri liar kucing caracal. Hal ini tentu akan sulit dikendalikan karena caracal termasuk hewan yang memiliki rahang kuat.
Bukan hanya itu saja, tetapi kucing caracal memiliki gigi dan cakar yang tajam, satu serangannya bisa menimbulkan luka serius. Caracal memang jarang menyerang manusia, tetapi bisa terjadi ketika ia merasakan ancaman.
Tidak hanya menimbulkan luka serius, tetapi serangan kucing caracal bisa membunuh hewan lain serta manusia. Berbagai perlindungan akan dilakukan kucing caracal untuk membuat lawannya merasa tidak aman.
ADVERTISEMENT
Selain itu, caracal memiliki jenis makanan yang cukup sulit didapatkan di lingkungan sehari-hari. Jika ada, maka harganya cukup mahal, mengingat caracal adalah hewan carnivora yang membutuhkan makanan khusus.
Jika di hutan, umumnya kucing caracal akan memangsa hyrax, kelinci, antelop, hingga hewan pengerat. Meski ukuran tubuhnya tidak terlalu besar, tetapi caracal memiliki kemampuan yang baik dalam menyerang mangsa yang lebih besar.
Apakah kucing caracal berbahaya dijadikan sebagai hewan peliharaan? Jawabannya adalah iya, sedangkan alasannya ada dalam penjelasan tersebut.(DSI)