Apakah Lidah Mertua Bisa Mengusir Nyamuk? Ini Faktanya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
10 Juli 2024 22:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apakah Lidah Mertua Bisa Mengusir Nyamuk? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Noyo creatif
zoom-in-whitePerbesar
Apakah Lidah Mertua Bisa Mengusir Nyamuk? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Noyo creatif
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lidah mertua menjadi salah satu jenis tanaman hias yang bisa digunakan untuk dekorasi ruangan. Selain mempercantik ruangan juga memiliki manfaat lainnya, seperti menjadi pemurni udara dan penghasil oksigen.
ADVERTISEMENT
Namun, apakah lidah mertua bisa mengusir nyamuk? Untuk mengetahui jawabannya, simak selengkapnya di sini.

Apakah Lidah Mertua Bisa Mengusir Nyamuk? Ini Fakta Menariknya

Apakah Lidah Mertua Bisa Mengusir Nyamuk? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Kara Eads
Dikutip dari buku Pesona Sansevieria karya Sentot Pramono, (2008) Lidah mertua terkenal dengan daunnya yang panjang, tegak, dan meruncing, menyerupai bentuk pedang. Daunnya memiliki corak garis-garis vertikal yang unik, dengan variasi warna hijau, kuning, dan putih, tergantung pada spesiesnya.
Keunikan bentuk dan corak daunnya ini menjadi daya tarik estetika yang tak tertandingi.Tanaman hias ini mampu menghadirkan sentuhan modern dan minimalis pada dekorasi rumah, sekaligus memberikan nuansa alami yang menyegarkan.
Kelebihan lainnya dari tanaman hias ini adalah perawatannya yang relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan tanaman hias lainnya. Hal tersebut karena tanaman ini mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi pencahayaan, mulai dari terang hingga teduh.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, apakah lidah mertua bisa mengusir nyamuk yang merupakan sumber penyakit bagi manusia? Jawabannya bisa.
Beberapa penelitian memang menunjukkan bahwa lidah mertua memiliki efek pengusir nyamuk. Kandungan saponin dalam daunnya mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk.
Saponik merupakan juga termasuk bahan organik yang beracun bagi nyamuk. Hal tersebut yang membuat nyamuk tidak berani mendekat ketika ada tanaman ini.
Meskipun memiliki kandungan yang bisa membuat nyamuk takut, tanamanan ini tidak benar-benar membuat nyamuk takut.
Hal tersebut yang membuat efektivitasnya tidak sekuat tanaman lainnya seperti lavender maupun obat nyamuk kimia. Tanaman ini lebih cocok digunakan sebagai pencegahan dan pelengkap upaya lain untuk mengusir nyamuk.
Salah satu manfaat yang bisa langsung dirasakan oleh pemilik tanaman ini adalah kemampuan dari tanaman ini dalam membersihkan udara di ruangan. Tanaman ini memiliki kemampuan yang cukup baik untuk menyerap berbagai zat berbahaya yang ada di udara.
ADVERTISEMENT
Jadi, apakah lidah mertua bisa mengusir nyamuk? Jawabannya bisa. Karena lidah mertua memiliki kandungan saponin yang tidak disukai oleh nyamuk. (WWN)