Apakah Mancing Saat Hujan Itu Bagus? Ini Tips Terbaiknya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 22:36 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi apakah mancing saat hujan itu bagus, sumber foto: Pixabay by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apakah mancing saat hujan itu bagus, sumber foto: Pixabay by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Memancing memang menjadi kegiatan yang menyenangkan, bahkan bisa dilakukan dalam cuaca apapun. Lantas, apakah mancing saat hujan itu bagus? Faktanya sangat bagus karena ikan kesulitan melihat kondisi sekitar.
ADVERTISEMENT
Tidak heran jika banyak yang memilih memancing di saat hujan karena memungkinkan untuk mendapatkan hasil tangkapan berlimpah. Apalagi ketika hujan ikan akan lebih sering muncul ke permukaan. Ikan akan aktif saat cuaca mendung.
Dikutip dari buku Strike! Petunjuk Lengkap Menaklukkan Baronang karya Cien, di bawah ini ada beberapa tips terbaik memancing saat hujan.

Apakah Mancing saat Hujan Itu Bagus?

Ilustrasi apakah mancing saat hujan itu bagus, sumber foto: Brett Sayles by pexels.com
Kegiatan memancing bukan hanya dilakukan ketika cuaca cerah, justru hasil tangkapan ikan akan lebih banyak ketika hujan. Mengingat pada saat hujan, suhu akan ikut turun kemudian kadar oksigen air meningkat.
Kondisi tersebut memungkinkan ikan lebih bertenaga untuk berenang, hanya saja fokusnya berkurang karena air hujan. Sehingga yang terlihat hanyalah umpan, percikan air hujan yang membuat ikan sulit melihat kondisi di atas permukaan.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya ikan, tetapi cacing-cacing, belakang, kumbang, hingga semut akan disapu oleh air, sehingga ikan akan bereaksi sebagai rantai makanan. Namun ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan agar hasil tangkapan melimpah, ini penjelasannya:

1. Manfaatkan Teknik Melayang

Teknik melayang ini dilakukan dengan memposisikan umpan melayang agar lebih cepat disambar ikan. Mengingat ikan lebih suka dengan posisi umpan yang melayang ketika hujan telah tiba, apalagi jika hujan semakin deras.

2. Jangan Memancing di Tempat Terbuka

Tips lain yang bisa dilakukan adalah menghindari tempat terbuka, apalagi jika hujan turun disertai halilintar. Hal ini harus dilakukan untuk meminimalisir risiko tersambar petir serta menghindari terkena hipotermia.

3. Menggunakan Umpan yang Sesuai

Jangan lupa untuk menggunakan umpan yang sesuai jenis ikan yang akan dipancing. Misalnya umpan cacing posphor sangat cocok untuk memancing ikan nila, sedangkan ikan mujair bisa menggunakan umpan ulat daun pisang.
ADVERTISEMENT

4. Hindari Memancing di Tengah Aliran Sungai

Ketika musim hujan, kondisi sungai sering berubah, bahkan banjir bisa datang secara tiba-tiba. Oleh karena itu, hindari memancing di tengah aliran sungai. Sebaiknya pilih lokasi memancing yang tidak rawan terkena banjir.
Apakah mancing saat hujan itu bagus? Sangat bagus, apalagi jika memperhatikan beberapa tips tersebut untuk keamanan lebih ekstra.(DSI)