Apakah Memancing Itu Olahraga? Ini Manfaat yang Jarang Disadari

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 22:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi apakah memancing itu olahraga, sumber foto: Kathryn Archibald by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apakah memancing itu olahraga, sumber foto: Kathryn Archibald by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Memancing merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan untuk mengisi waktu luang atau melepas penat setelah beraktivitas seharian. Namun, apakah memancing itu olahraga? Iya, karena bisa menguatkan sendi-sendi pada kaki.
ADVERTISEMENT
Selain itu, masih banyak manfaat lainnya yang didapat dari kegiatan memancing. Memancing termasuk hiburan sekaligus olahraga yang mampu membakar kalori dalam tubuh, mengingat hampir semua bagian tubuh digerakkan.
Dikutip dari buku Teori dan Praktik Olahraga Rekreatif karya I Putu Darmayasa, S.Pd., M.For., simak beberapa manfaat memancing dalam penjelasan berikut.

Apakah Memancing Itu Olahraga?

Ilustrasi apakah memancing itu olahraga, sumber foto: Brett Sayles by pexels.com
Banyak orang yang menganggap bahwa memancing hanya sebuah hiburan, bahkan cenderung membuang-buang waktu. Padahal ada banyak manfaat yang didapat, apalagi memancing termasuk olahraga yang bisa menyehatkan tubuh. Ini penjelasannya!

1. Menguatkan Sendi-sendi pada Kaki

Kegiatan memancing mengharuskan lutut kaki sebagai tumpuan, apalagi jika harus melewati sungai yang curam. Hal ini akan membuat lutut mendapatkan gerakan-gerakan yang dapat menguatkan sendi-sendi pada kaki.

2. Sumber Vitamin D

Biasanya kegiatan memancing dilakukan langsung di bawah sinar matahari, sehingga memungkinkan tubuh menyerap vitamin D secara alami. Vitamin D bermanfaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh serta kesehatan tulang.
ADVERTISEMENT

3. Mengoptimalkan Penyerapan Fosfat dan Kalsium

Jika produksi vitamin D dalam tubuh meningkat, maka tubuh akan lebih optimal dalam menyerap kalsium dan fosfat. Kandungan kalsium dan fosfat sangat baik untuk mengoptimalkan kesehatan tulang.

4. Sebagai Relaksasi

Banyak orang yang menjadikan memancing sebagai kegiatan untuk melepas penat dan menenangkan pikiran. Mengingat berada di alam lepas yang jauh dari alat teknologi membuat otak lebih rileks dan kembali semangat menjalani hari.

5. Menjaga Berat Badan Ideal

Jika sekilas memancing hanya berdiam diri, ternyata yang dilakukan lebih dari itu. Justru kegiatan memancing sangat menguras energi karena harus berjalan kesana-kemari mencari spot mancing terbaik, sehingga bisa mengurangi berat badan.

6. Melatih Motorik

Memancing memicu tubuh untuk melakukan beberapa gerakan yang bisa menyehatkan badan. Secara tidak langsung kegiatan memancing dapat memberikan beragam keterampilan motorik halus, kemudian meningkat tajam.
ADVERTISEMENT
Apakah memancing itu olahraga? Dapat disimpulkan bahwa mancing adalah kegiatan yang menyehatkan. Selain itu, kegiatan memancing bisa membuat otak lebih fresh dan kembali bersemangat menjalani rutinitas sehari-hari. (DSI)