Apakah Memancing Termasuk Aktivitas Ringan? Ini Faktanya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 21:45 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi apakah memancing termasuk aktivitas ringan, sumber foto: Laura Stanley by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apakah memancing termasuk aktivitas ringan, sumber foto: Laura Stanley by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kegiatan memancing banyak dipilih karena memiliki manfaat besar terhadap kesehatan mental. Apakah memancing termasuk aktivitas ringan? Faktanya, memancing adalah aktivitas ringan yang bisa dilakukan kurang dari 2,5 jam per minggu.
ADVERTISEMENT
Tidak heran jika banyak yang memancing sebagai bentuk aktivitas untuk menenangkan diri serta melepas penat setelah beraktivitas seharian. Apalagi memancing termasuk aktivitas ringan yang sering dianggap sebagai terapi paling efektif untuk meredakan stres.
Dikutip dari buku Mewujudkan Remaja Sehat Fisik, Mental dan Sosial karya Ira Nurmala, di bawah ini ada beberapa fakta menarik tentang memancing.

Apakah Memancing Termasuk Aktivitas Ringan?

Ilustrasi apakah memancing termasuk aktivitas ringan, sumber foto: Darcy Lawrey by pexels.com
Memancing termasuk salah satu aktivitas ringan yang bisa dilakukan selama kurang dari 150 menit per minggu. Aktivitas ringan ini terbukti ampuh untuk mengatasi stres hingga meringankan rasa lelah setelah beraktivitas seharian.
Biasanya kegiatan ini akan dilakukan untuk menikmati waktu luang setelah berkutat dengan pekerjaan. Kebanyakan pemancing menjadikan laut, sungai, hingga danau sebagai tempat terbaik untuk mencari ikan.
ADVERTISEMENT
Tidak jarang ada yang memilih untuk datang ke pemancingan resmi yang menyediakan ikan beragam ukuran. Namun, bukan hanya termasuk aktivitas ringan, berikut terdapat beberapa fakta menarik dari memancing.

1. Melepas Lelah

Hampir semua orang yang melakukan kegiatan memancing sudah tahu bahwa kegiatan ini dapat membantu melepas lelah setelah bekerja seharian. Bahkan, ampuh untuk mengurangi hingga menghindari stres.

2. Memunculkan Ide-Ide Brilian

Memancing dilakukan dengan berdiam diri di suatu tempat sambil menunggu umpan dimakan ikan. Biasanya momen tersebut dimanfaatkan untuk melamun hingga memikirkan suatu agar mendapatkan pencerahan dan solusi terbaik.

3. Sebagai Terapi Kesabaran

Tidak heran jika memancing hanya direkomendasikan untuk orang-orang yang mau bersabar. Namun, dengan memancing bisa melatih kesabaran seseorang karena harus menunggu umpan sampai dimakan ikan baru kemudian ditarik secara perlahan.
ADVERTISEMENT

4. Membuat Orang Lupa Waktu

Sayangnya, beberapa pemancing mengabaikan fakta bahwa memancing bisa membuat seseorang lupa waktu. Mengingat terbiasa menunggu umpan hingga dimakan ikan, hal ini dilakukan berkali-kali sehingga semakin banyak waktu yang dibutuhkan.
Apakah memancing termasuk aktivitas ringan? Iya, karena bisa dilakukan kurang dari 2,5 jam per minggu. Namun, ada beberapa fakta menarik yang sering diabaikan oleh para pemancing seperti penjelasan tersebut.(DSI)