Konten dari Pengguna

Apakah Pound Fit Aman untuk Ibu Hamil? Ini Jawabannya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
11 Juli 2024 16:30 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Puluhan peserta mengikuti PoundFit pada acara kumparan hangout International Women's Day di Jakarta, Sabtu (9/3). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Puluhan peserta mengikuti PoundFit pada acara kumparan hangout International Women's Day di Jakarta, Sabtu (9/3). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Olahraga pound fit semakin populer di kalangan wanita, khususnya para remaja dan ibu muda. Bahkan, beberapa ibu hamil pun tidak mau ketinggalan untuk mencobanya.
ADVERTISEMENT
Namun, ibu hamil yang ingin mencoba pound fit disarankan untuk lebih memerhatikan keamanan dirinya dan janin di dalam kandungan. Ia mesti konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengikuti gerakan pound fit.
Lantas apakah pound fit aman untuk ibu hamil? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah artikel berikut ini. Sebab, akan dibahas beberapa pendapat para ahli dan pakar yang ahli di bidangnya.

Memahami Pound Fit

Warga melakukan pound fit di Jalan MH Thamrin yang sepi saat lebaran, Sabtu (22/4/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Pound Fit adalah program latihan yang menggunakan gerakan menabuh drum dengan stik ringan, dikenal sebagai Ripstix. Latihan ini tidak hanya menggabungkan elemen kardio tetapi juga kekuatan dan fleksibilitas.
Menurut laman American Pregnancy Association, olahraga teratur selama kehamilan dapat memberikan berbagai manfaat, seperti meningkatkan energi, mengurangi ketidaknyamanan, dan mempersiapkan tubuh untuk persalinan. Namun, penting untuk mengetahui jenis olahraga apa yang aman.
ADVERTISEMENT

Apakah Pound Fit Aman untuk Ibu Hamil?

Suasana PoundFit pada acara kumparan hangout International Women's Day di Jakarta, Sabtu (9/3). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Keamanan adalah prioritas utama ketika berbicara tentang olahraga selama kehamilan. Menurut Mayo Clinic, sebagian besar olahraga aman untuk dilakukan selama kehamilan, asalkan ibu hamil mendapatkan persetujuan dari dokter mereka dan tidak memiliki komplikasi medis yang menghalangi.
Namun, tidak semua jenis olahraga cocok untuk setiap ibu hamil, dan ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk melanjutkan atau memulai latihan Pound Fit.

Kelebihan Pound Fit

Puluhan peserta mengikuti PoundFit pada acara kumparan hangout International Women's Day di Jakarta, Sabtu (9/3). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Sebagai salah satu olahraga yang populer, pound fit juga memiliki sejumlah kelebihan, yakni:

1. Kardio yang Ringan

Pound Fit menawarkan kardio ringan yang dapat membantu meningkatkan stamina tanpa memberikan tekanan berlebih pada jantung. Latihan ini membantu menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan sirkulasi darah, yang penting selama kehamilan.
ADVERTISEMENT

2. Fleksibilitas dan Kekuatan

Gerakan dalam Pound Fit membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan, yang sangat bermanfaat selama kehamilan dan persalinan. Gerakan ini juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang sering dialami selama kehamilan.

Potensi Risiko

Ilustrasi minum setelah olahraga. Foto: Shutterstock
Namun di samping itu, pound fit juga memiliki potensi risiko yang mesti dipertimbangkan, yakni:

1. Gerakan Intens

Beberapa gerakan Pound Fit mungkin terlalu intens untuk ibu hamil, terutama pada trimester ketiga. Gerakan yang terlalu intens dapat meningkatkan risiko cedera dan ketegangan pada otot dan sendi.

2. Keseimbangan

Seiring berkembangnya kehamilan, keseimbangan tubuh berubah, yang dapat meningkatkan risiko jatuh. Perubahan pusat gravitasi tubuh ibu hamil membuat beberapa gerakan menjadi lebih berbahaya.

3. Overheating

Ada risiko overheating jika latihan dilakukan dalam lingkungan yang terlalu panas atau jika intensitasnya terlalu tinggi. Overheating dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin, sehingga penting untuk memastikan lingkungan latihan yang sejuk dan nyaman.
ADVERTISEMENT

Modifikasi Pound Fit untuk Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil berjalan. Foto: Shutterstock
Untuk memastikan keamanan saat melakukan Pound Fit, modifikasi tertentu dapat dilakukan. Menurut laman What to Expect, berikut adalah beberapa tips untuk memodifikasi latihan Pound Fit selama kehamilan:

1. Kurangi Intensitas

Kurangi intensitas gerakan dengan melakukan gerakan yang lebih lambat dan terkontrol. Modifikasi ini membantu mencegah cedera dan memastikan bahwa ibu hamil tetap dalam zona aman selama latihan.

2. Hindari Lompat

Hindari gerakan melompat atau gerakan intens lainnya yang dapat membebani sendi. Gerakan ini dapat diganti dengan gerakan yang lebih lembut dan stabil.

3. Tetap Terhidrasi

Pastikan untuk minum cukup air sebelum, selama, dan setelah latihan untuk menghindari dehidrasi. Hidrasi yang baik sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin.

4. Pakai Alas Kaki yang Tepat

Gunakan alas kaki yang nyaman dan mendukung untuk mengurangi risiko cedera. Sepatu yang baik membantu menjaga keseimbangan dan melindungi kaki dari tekanan berlebih.
ADVERTISEMENT

Konsultasi dengan Dokter

Ilustrasi konsultasi dengan dokter Foto: Shutterstock
Sebelum memulai atau melanjutkan Pound Fit selama kehamilan, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), setiap kehamilan unik dan rekomendasi olahraga harus dipersonalisasi berdasarkan kondisi kesehatan individu.
Dokter dapat memberikan saran yang spesifik berdasarkan kesehatan ibu dan janin, serta menyesuaikan program latihan sesuai kebutuhan.

Alternatif Latihan untuk Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil olahraga angkat beban. Foto: Summit Art Creations/Shutterstock
Jika Pound Fit dianggap terlalu intens atau tidak cocok, ada beberapa alternatif latihan yang aman dan bermanfaat untuk ibu hamil:
ADVERTISEMENT
(MSD)