Apakah Sisik Ikan Mas Koki Bisa Tumbuh Lagi? Cek di Sini

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
6 Juni 2024 23:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Apakah Sisik Ikan Mas Koki Bisa Tumbuh Lagi? Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Apakah Sisik Ikan Mas Koki Bisa Tumbuh Lagi? Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apakah sisik ikan mas koki bisa tumbuh lagi? Pertanyaan ini banyak diajukan karena sisik menjadi daya tarik tersendiri dari ikan mas koki.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Ensiklopedia Fauna Dunia oleh Shafa Faizah, ikan mas koki berasal dari Asia Timur. Ada berbagai pilihan warna dari ikan ini yakni merah, kuning, cokelat, hitam, dan oranye. Bentuk tubuh ikan mas koki bulat dengan mata lebar.
Sisik ikan mas koki juga menjadi daya tarik tersendiri dengan warna tubuh cerah. Namun apabila sisik ikan rusak, apakah bisa tmubuh lagi?

Apakah Sisik Ikan Mas Koki Bisa Tumbuh Lagi?

Ilustrasi Apakah Sisik Ikan Mas Koki Bisa Tumbuh Lagi? Sumber: Unsplash
Ada berbagai penyebab mengapa sisik ikan mas koki terlepas. Mulai dari penyakit sampai disebabkan ikan lain. Alasan lainnya yakni akibat perilaku ikan mas koki itu sendiri seperti menabrakkan diri ke bagian kolam atau akuarium.
Ketika sisik terlepas, ikan mas koki tidak akan mengeluarkan darah namun mengakibatkan bagian kosong dengan ujung berwarna putih. Selain terlepas, sisik juga bisa robek atau terluka. Meskipun demikian pemilik tidak perlu khawatir.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, sisik ikan mas koki bisa tumbuh kembali dengan warna maupun corak yang hampir sama dengan sisik yang terlepas. Walaupun bisa tumbuh, hal ini membutuhkan waktu tidak sebentar yang dipengaruhi kemampuan dan ketahanan ikan mas koki itu sendiri.
Inilah mengapa waktu sisik ikan mas koki satu dengan lainnya berbeda. Bisa membutuhkan waktu satu bulan, tiga minggu, atau lebih lama. Namun penyembuhan tersebut dapat terjadi dengan baik jika penyebab rusaknya ikan mas koki tidak disebabkan penyakit fatal, seperti Aeromonas.
Penyakit yang disebabkan Aeromonas memunculkan gejala berupa luka merah atau luka lebam pada permukaan badan ikan mas koki. Apabila tidak segera ditangani dengan baik, penyakit ini dapat menyebabkan kematian.
Maka dari itu pemilik harus memahami dengan baik apa penyebab sisik ikan mas koki rusak atau robek dengan memperhatikan gejala yang ditunjukkan.
ADVERTISEMENT
Nah itu dia sekilas jawaban mengenai apakah sisik ikan mas koki bisa tumbuh lagi.(LAU)