Apakah Sukulen Perlu Sinar Matahari? Ini Faktanya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 22:58 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apakah Sukulen Perlu Sinar Matahari? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Blanca Paloma Sánchez
zoom-in-whitePerbesar
Apakah Sukulen Perlu Sinar Matahari? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Blanca Paloma Sánchez
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sukulen merupakan kelompok tanaman yang biasanya memiliki bentuk unik dan menarik dengan warna yang estetik.
ADVERTISEMENT
Namun, dalam perawatannya, apakah sukulen perlu sinar matahari agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik? Untuk mengetahui jawabannya, simak pembahasannya di sini.

Apakah Sukulen Perlu Sinar Matahari?

Apakah Sukulen Perlu Sinar Matahari? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Meghan Scholl
Dikutip dari buku Mengenal Sukulen karya Florinda, (2023) ada beberapa ciri dari tanaman yang sering dijadikan tanaman hias sukulen yang membedakan dengan kelompok tanaman lainnya. Ciri pertama sebenarnya bisa dilihat dari daun dan batangnya.
Kelompok tanaman sukulen merupakan kelompok tanaman yang memiliki daun tebal dan gemuk. Bentuk daun tersebut memiliki kemampuan untuk menyimpan air dalam jumlah yang cukup besar.
Hal tersebut yang pada akhirnya membuat tanaman ini memiliki kemampuan dalam bertahan hidup di kondisi kekeringan yang cukup baik. Lalu apakah sukulen perlu sinar matahari atau tidak?
ADVERTISEMENT
Seperti halnya tanaman lain, sukulen membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis. Proses ini bagaikan "makanan" bagi tanaman, di mana energi cahaya diubah menjadi gula yang digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan.
Tanpa sinar matahari yang cukup, fotosintesis terhambat, dan sukulen pun akan mengalami kekurangan energi. Idealnya tanaman jenis ini membutuhkan paparan sinar matahari selama 4-6 jam dalam satu harinya secara tidak langsung namun, tergantung pada jenisnya juga.
Jika jenis tanaman ini kekurangan sinar matahari maka akan membuat pertumbuhannya menjadi lambat. Hal tersebut karena sinar matahari sangat berguna untuk proses fotosintesis dari tanaman ini.
Selain itu, ketika tanaman jenis ini kekurangan air akan membuat daunnya menjadi pucat dan lemah. Hal tersebut karena daun tanaman ini membutuhkan sinar matahari untuk menghasilkan klorofil, pigmen hijau yang memberikan warna dan energi. Kurangnya sinar matahari dapat membuat daun sukulen pucat, lemah, dan bahkan rontok.
ADVERTISEMENT
Jadi, jawaban dari pertanyaan apakah sukulen perlu sinar matahari adalah iya. Tanaman sukulen memerlukan paparan sinar matahari selama 4-6 jam sehari agar dapat berkembang dengan baik. (WWN)