Bagaimana Tips Mancing Tenggiri agar Dapat Banyak? Cek di Sini

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 22:37 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tips Mancing Tenggiri. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tips Mancing Tenggiri. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tips mancing tenggiri dapat diterapkan supaya mendapat banyak hasil pancing.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Strategi Pengelolaan Perikanan Tangkap Ikan Tenggiri oleh Said Abdusysyahid, ikan tenggiri adalah jenis ikan yang bernilai ekonomis dan merupakan ikan yang banyak disenangi di berbagai belahan dunia.
Tenggiri menjadi salah satu jenis ikan yang banyak diincar oleh para pemancing karena dianggap mendatangkan keuntungan. Lantas, apa saja tips yang dapat diterapkan pemancing supaya dapat banyak?

Tips Mancing Tenggiri yang Dapat Diterapkan Sesuai Arusnya

Ilustrasi Tips Mancing Tenggiri. Sumber: Unsplash
Berikut ini berbagai tips yang dapat diterapkan supaya mendapat banyak tenggiri ketika memancing sesuai arus di lokasi pancing:

1. Arus Pelan

Ketika memancing tenggiri di lokasi dengan arus pelan, teknik yang dapat diterapkan adalah floating tanpa pelampung. Umpan yang digunakan harus dalam kondisi hidup dengan posisi mengarah ke bot dan melawan arus.
ADVERTISEMENT
Apabila pemancing memakai multiflier reel, maka dapat ditambahkan perambut steelwire atau seling yang disambungkan ke tali induk serta ditambahkan di ujungnya safety knot.

2. Arus Deras

Memancing tenggiri di arus deras dapat menggunakan teknik setengah air. Bandul yang digunakan sebaiknya berukuran dua atau tiga dan dimasukkan dalam mainline. Adapun perambut berukuran 50lb serta steelwire 50lb dengan panjang sekitar 33 cm.

3. Arus Mati

Tips mancing tenggiri selanjutnya adalah ketika memancing di arus mati, dapat digunakan pelampung yang bisa mengelakkan umpan agar tidak membelit pemancing lain. Antara umpan dan pelampung harus memiliki jarak setidaknya 4 meter.
Adapun jenis umpan yang bagus digunakan pada lokasi ini, yakni ikan hidup yang disangkutkan dengan kepala menghadap ke depan dan melawan arus.
ADVERTISEMENT
Ketika umpan sudah dimakan tenggiri, pemancing harus segera menarik secara kuat agar umpan dapat menyangkut di rahang ikan. Hal ini harus diterapkan dengan baik karena tak sedikit ikan tenggiri yang terlepas begitu saja setelah menggigit umpan.
Itu dia sekilas pembahasan mengenai tips mancing tenggiri yang dapat diterapkan.(LAU)