Barang Dagangan Budaya Pop dan Contoh Fenomena Budaya Populer

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 Mei 2024 20:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Barang Dagangan Budaya Pop. Foto: dok. Unsplash/Matt Popovich
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Barang Dagangan Budaya Pop. Foto: dok. Unsplash/Matt Popovich
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Barang dagangan budaya pop adalah komoditas yang dapat diperjualbelikan dari budaya pop sehingga dapat mendapatkan keuntungan dari barang yang dijual tersebut. Ada berbagai macam jenis barang yang dapat dijual dari budaya pop, salah satunya adalah album musik.
ADVERTISEMENT
Sebelum mengenal apa saja barang yang dapat diperdagangkan dari budaya pop, penting untuk mengetahui definisi dan gambaran fenomena budaya pop yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Barang Dagangan Budaya Pop dan Contoh Fenomena

Ilustrasi Barang Dagangan Budaya Pop. Foto: dok. Unsplash/Rod Flores
Budaya pop atau budaya populer merupakan budaya yang banyak dikenal atau populer di berbagai kalangan masyarakat. ada berbgaai macam contoh fenomena budaya pop yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah musik dan film.
Dikutip dari buku berjudul Perilaku Konsumen Sebagai Dasar untuk Merancang Strategi Pemasaran yang disusun oleh Dr. Sutisna, S.E., M.E., Prof. Dr. Marcellia Susan (2022: 403), suatu budaya dikatakan sebagai budaya pop jika memiliki karakteristik seperti tidak membutuhkan pengetahuan khusus untuk memahaminya.
Selain itu, budaya yang dihasilkan dengan mudah sehingga membuat banyak orang dengan mudah mengaksesnya. Budaya pop dapat membantu perkembangan ekonomi suatu negara.
ADVERTISEMENT
Hal ini karena budaya pop dapat menarik orang untuk membeli berbagai produk dari budaya pop seperti film, musik, gaya hidup, dan masih banyak lagi lainnya.
Hal tersebut membuat banyak orang ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk meraih keuntungan sebanyak-banyaknya. Berikut ini barang dagangan budaya pop yang dapat ditemukan dengan mudah di lingkungan sekitar.

1. Album Musik

Album musik yang dikeluarkan dari artis atau musisi terkenal yang disukai merupakan produk budaya pop yang dapat diperdagangkan. Dengan menjual album musik, keuntungan dapat diperoleh sebanyak-banyaknya.

2. Novel

Novel atau buku yang berisi kisah fiksi maupun non fiksi banyak disebut sebagai produk budaya pop yang cukup banyak disukai. Benda ini banyak disukai dari berbagai kalangan baik anak muda bahkan orang tua sekalipun.
ADVERTISEMENT

3. Gawai Terbaru

Seiring berkembangnya zaman dan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi membuat gawai saat ini banyak dirilis dengan fitur yang semakin lengkap dan beragam. Setiap gawai baru dengan fitur terbaru ini bisa dimasukkan sebagai kategori barang dagangan budaya pop.

4. Aksesori

Kategori aksesori ini dapat berlaku untuk berbagai bidang. Mulai dari aksesori pakaian, aksesori rambut hingga aksesori dari ponsel juga termasuk barang dagangan budaya pop yang dikenal cukup menguntungkan.
Itu dia beberapa barang dagangan budaya pop yang dapat diperjual belikan. Dengan menjual barang-barang tersebut, keuntungan setinggi-tingginya dari hasil penjualan dapat diperoleh. (DAP)