Berapa Lama Mangga Berbuah? Ini Jawabannya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 23:17 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ilustrasi tanaman mangga. Sumber foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi tanaman mangga. Sumber foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Mangga dikenal sebagai buah tropis yang lezat dan menyegarkan. Karena itu, banyak orang yang tertarik untuk menanam pohon mangga di pekarangan rumahnya.
ADVERTISEMENT
Bagi yang ingin menanamnya di rumah, penting untuk mengetahui berapa lama mangga berbuah. Dengan begitu, kita bisa memperkirakan waktu terbaik untuk menikmati buah mangga tersebut. Simak pembahasannya di sini.

Mengenal Buah Mangga

ilustrasi tanaman mangga (Pexels)
Menurut situs probolonggikab.go.id, mangga termasuk dalam genus Mangifera, yang mencakup sekitar 35-40 spesies yang tergolong dalam keluarga Anacardiaceae.
Mangga adalah buah tropis yang berasal dari Asia Selatan, namun kini telah menyebar ke berbagai belahan dunia yang memiliki iklim tropis atau subtropis.
Pohon mangga merupakan tanaman yang memiliki umur panjang, bahkan beberapa spesiesnya dapat berbuah hingga mencapai usia 300 tahun.
Sistem akarnya memiliki kemampuan untuk tumbuh hingga kedalaman 6 meter di dalam tanah, sementara cabang akarnya merambat luas ke samping.
ADVERTISEMENT
Buah mangga memiliki daging yang manis dan lembut, serta sering digunakan dalam berbagai hidangan, mulai dari salad hingga smoothie.

Berapa Lama Mangga Berbuah?

Masa berbuah mangga dimulai ketika pohon mangga mulai memunculkan bunga. Ini adalah tanda pertama bahwa pohon mangga siap untuk menghasilkan buah.
Setelah munculnya bunga, pohon mangga biasanya memerlukan sekitar 5 bulan untuk mulai berbuah. Proses ini tergantung pada berbagai faktor seperti kondisi cuaca dan ketersediaan nutrisi.
Mangga cenderung berbuah saat musim kemarau, ketika cuaca cenderung kering dan terik. Ini adalah waktu yang ideal bagi pohon mangga untuk menghasilkan buah dengan kualitas yang baik.
Setelah melewati masa pertumbuhan, buah mangga matang siap dipanen sekitar 60 hari setelah buah mulai terbentuk.
ADVERTISEMENT
Pada saat ini, buah mangga akan memiliki warna yang cerah dan aroma yang khas.

Faktor yang Memengaruhi Masa Panen Mangga

Ada beberapa faktor yang memengaruhi kematangan buah mangga, antara lain:
Jadi, berapa lama mangga berbuah? Secara umum, proses berbuah mangga memerlukan waktu sekitar 5 bulan setelah munculnya bunga, dengan buah matang siap dipanen sekitar 60 hari setelah masa pertumbuhan.
Namun, penting untuk diingat bahwa ini hanya perkiraan umum. Di mana faktor-faktor, seperti jenis varietas, kondisi cuaca, dan perawatan tanaman juga memengaruhi waktu berbuah mangga. (AZS)