Cara Melatih Mental Cucak Ijo agar Lebih Berani yang Ampuh

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
26 Februari 2024 23:49 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Melatih Mental Cucak Ijo agar Lebih Berani. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Benjamin Wong
zoom-in-whitePerbesar
Cara Melatih Mental Cucak Ijo agar Lebih Berani. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Benjamin Wong
ADVERTISEMENT
Melatih mental burung merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pemilik agar memiliki burung yang tanggung, terutama ketika burung tersebut sering ikut dalam berbagai perlombaan.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa cara melatih mental cucak ijo yang bisa dilakukan pemilik. Salah satunya dengan mengembunkannya setiap subuh.
Ketahui berbagai cara untuk meningkatkan mental cucak ijo lainnya dalam ulasan berikut ini.

5 Cara Melatih Mental Cucak Ijo agar Lebih Berani

Cara Melatih Mental Cucak Ijo agar Lebih Berani. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Mathew Schwartz
Dikutip dari buku Budi Daya Segala Jenis Burung Kicauan karya Ardi Widianto, (2019) burung cucak ijo adalah burung kicau dengan bulu berwarna hijau. Burung ini juga dikenal dengan sebutan cica daun besar (Chloropsis sonnerati).
Burung ini memiliki sering dipelihara karena suaranya yang merdu dan sering diikutkan ke dalam perlombaan juga. Agar ini bisa tampil maksimal, cucak ijo perlu mendapat pelatihan secara rutin.
Berikut ini adalah lima cara melatih mental cucak ijo agar lebih berani dan tampil bagus saat ikut perlombaan.
ADVERTISEMENT

1. Pengembunan Setiap Subuh Secara Rutin

Pengembunan secara rutin dapat memulihkan kondisi burung yang mengalami drop mental.
Saat pengembunan, pemilik bisa memberinya buah pisang yang telah diolesi dengan multivitamin atau madu, serta beberapa ekor jangkrik untuk membuatnya lebih aktif di pagi hari.

2. Mandi dengan Air Dingin atau Air Es

Setelah matahari mulai terbit, mandikan Cucak Ijo dengan menggunakan air dingin atau air es. Cara memandikannya bisa dilakukan dengan semprot atau menggunakan karamba mandi.
Perlu diperhatikan, saat memandikan dengan air dingin atau air es, sebaiknya tak dilakukan hingga basah kuyup. Lakukan terapi mandi ini setiap beberapa hari sekali.

3. Terapi Sauna

Mandi sauna adalah istilah kicaumania ketika menjemur Cucak Ijo dengan kondisi sangkar full kerodong. Biasanya, setiap beberapa menit sekali, kerodong disemprot halus dengan menggunakan sprayer.
ADVERTISEMENT
Terapi ini bertujuan untuk menjaga suasana di dalam sangkar agar tetap lembab. Meskipun kontroversial, banyak yang mengakui bahwa mental burung meningkat setelah melakukan terapi sauna.
Namun, perlu diperhatikan agar proses terapi ini tidak terlalu lama dilakukan. Pastikan terapi ini tidak dilakukan saat sinar matahari sedang terik.

4. Terapi Petak Umpet (Ucing Sumput)

Terapi petak umpet adalah teknik untuk membangkitkan mental dan sifat fighter. Caranya, dekatkan sangkar berisi cucak ijo yang rajin bunyi dengan sangkar cucak ijo yang ingin dilatih mentalnya.
Jika burung merespon dengan gaya ngentrok atau mengeluarkan suara, segera jauhkan keduanya agar tak bisa lagi saling melihat.

5. Pakan yang Meningkatkan Birahi

Berikan pakan yang mengandung biji-bijian, seperti milet, canary seed, atau sunflower seed. Selain itu, berikan juga pakan tambahan berupa buah-buahan, seperti pisang, apel, atau pepaya. Pastikan air minum selalu bersih dan segar.
ADVERTISEMENT
Demikian pembahasan mengenai cara melatih mental cucak ijo agar lebih berani yang bisa dipraktikkan di rumah. (WWN)