Cara Memandikan Burung Peliharaan agar Bersih dan Sehat

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
12 Mei 2024 22:08 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara memandikan burung peliharaan. Foto: fujiphilm/Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara memandikan burung peliharaan. Foto: fujiphilm/Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara memandikan burung peliharaan ada beragam. Mulai dari penyemprotan menggunakan alat khusus hingga menyediakan wadah mandi dalam sangkar.
ADVERTISEMENT
Simak cara memandikan burung peliharaan yang tepat sehingga kesehatannya tak terganggu.

Mengapa Burung Perlu Dimandikan?

Ilustrasi cara memandikan burung peliharaan. Foto: Julia Craice/Unsplash
Dalam digilib.unila.ac.id, burung dikenal sebagai salah satu kelas hewan bertulang belakang yang mempunyai darah panas. Mereka berkembang biak dengan bertelur.
Saat ini, ada banyak jenis burung yang menjadi hewan peliharaan. Dalam memelihara burung, diperlukan perawatan tepat. Salah satunya, yaitu rutin memandikan burung.
Memandikan burung memang menjadi hal yang harus dilakukan pemilik untuk menjaga kebersihan sekaligus kesehatannya. Setiap burung mempunyai karakteristik dan cara perawatan yang berbeda.
Sebagian burung sangat menikmati waktu mandi mereka, tetapi sebagian lainnya justru enggan bersentuhan dengan air. Burung perlu terkena air supaya bulunya tetap sehat dan segar.
Memandikan burung juga sebaiknya menggunakan air biasa tanpa sabun. Hal ini disebabkan bulu burung menghasilkan minyak khusus yang dipakai untuk merapikan bulu. Jika terkena sabun, minyak ini akan hilang dan menjadikan bulu tidak sehat.
ADVERTISEMENT
Selain itu, pastikan suhu airnya tidak terlalu panas maupun dingin dan burung harus dimandikan pada siang hari atau ketika cuaca panas. Dengan demikian, burung pun akan memiliki kesempatan mengeringkan bulu dengan sempurna sebelum hari gelap.

Cara Memandikan Burung Peliharaan

Lantas, bagaimana cara memandikan burung peliharaan yang benar? Berikut beberapa di antaranya.

1. Penyemprotan

Menyemprot menggunakan alat khusus menjadi salah satu cara tepat untuk memandikan burung peliharaan. Selain membantu menghidrasi kembali rongga hidung burung, cara ini pun terbukti efektif untuk membantu membersihkan bulu-bulu mereka.
Pastikan pula air yang digunakan bersih tanpa paparan bahan kimia berbahaya.

2. Mandi di Wastafel

Sebagian besar burung sangat senang berendam dalam air kolam yang tenang. Pemilik bisa membuat hal serupa atau memenuhi wastafel dengan air bersih hangat. Kemudian, biarkan burung datang dan mencobanya.
ADVERTISEMENT

3. Menyediakan Wadah Mandi

Pemilik dapat menyediakan wadah khusus untuk mandi burung di dalam kandang. Sebagai hewan sosial, burung akan sangat senang dan menikmati saat mandi bersama dengan burung lainnya.

4. Hindari Membasahi Bulu

Tatkala berada di alam, burung tak pernah membiarkan bulunya benar-benar basah. Berhati-hatilah sebab bulu burung yang basah kuyup membuatnya rentan mengalami gangguan terbang dan panas tubuhnya menghilang.

5. Menyediakan Daun Selada Basah

Sediakan pakan berupa sayuran yang telah dicuci. Masukkan ke dalam kandang tanpa mengeringkannya terlebih dahulu. Burung kecil sangat senang berguling di atas dedaunan basah serta bermain di balik daun tersebut.
Itulah beberapa cara memandikan burung peliharaan yang tepat. Dengan demikian, kesehatan burung akan terjaga dan bulunya pun tak rusak. (DN)