Cara Membedakan Parkit Jantan dan Betina yang Paling Mudah

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
21 April 2024 22:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara membedakan parkit jantan dan betina. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara membedakan parkit jantan dan betina. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara membedakan parkit jantan dan betina diperlukan bagi pemilik, terutama untuk melancarkan proses perkawinan dalam rangka perkembangbiakan.
ADVERTISEMENT
Artikel berikut akan membantu memaparkan cara membedakan parkit jantan dan betina yang mudah dilakukan.

Cara Membedakan Parkit Jantan dan Betina

Ilustrasi cara membedakan parkit jantan dan betina. Foto: Pixabay
Dalam buku Formulasi Pakan Burung Ocehan dan Hias karya W. Widodo dituliskan bahwa burung parkit memiliki nama latin Melopsittacus undulatus.
Burung parkit merupakan jenis burung kicau yang berasal dari Australia. Pada habitat aslinya, burung parkit hidup nomaden bergantung pada ketersediaan air dan makanan.
Burung parkit merupakan jenis burung liar yang mudah dijinakkan dan mudah dilatih karena memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi.
Burung parkit juga hidup dalam koloni yang bisa mencapai ribuan ekor jumlahnya. Burung parkit juga terbiasa hidup berpasang-pasangan dan sangat setia.
Berikut adalah cara membedakan parkit jantan dan betina, yaitu:
ADVERTISEMENT

1. Perhatikan Cere

Cere adalah bagian tubuh yang berada tepat di lubang hidung. Pada jantan, cere berwarna biru terang pada musim kawin dan biru pucat ketika tidak sedang dalam musim kawin. Cere akan berwarna cokelat saat parkit jantan sedang sakit.
Sedangkan, betina memiliki cere berwarna putih pucat atau cokelat muda. Cere akan memiliki warna yang lebih gelap atau merah muda kecokelatan dalam masa subur.

2. Suara Kicau

Parkit jantan lebih rajin berkicau daripada parkit betina. Suaranya akan lebih berisik dengan periode yang lebih lama. Parkit jantan juga lebih mudah belajar menirukan manusia berbicara.

3. Tingkah Laku

Parkit jantan lebih aktif, seperti mengangguk dan menggoyang kepala ke atas dan ke bawah atau mengetukkan paruhnya ke kandang. Sedangkan, parkit betina lebih aktif pada masa kawin, juga sebaliknya lebih pasif saat tidak subur.
ADVERTISEMENT

4. Perhatikan Tine

Tine adalah bagian tubuh yang terlihat tajam di bagian kaki. Parkit jantan memiliki tine berwarna biru muda, sedangkan parkit betina memiliki tine dengan warna merah muda.
Demikian adalah beberapa cara membedakan parkit jantan dan betina yang bisa dilakukan pemilik. (SP)