Cara Membersihkan Telinga Kucing Sendiri yang Tepat dan Aman

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
16 Maret 2024 22:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara membersihkan telinga kucing sendiri. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara membersihkan telinga kucing sendiri. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kucing peliharaan perlu dirawat dengan baik agar tetap bersih. Salah satu yang perlu dilakukan adalah memahami cara membersihkan telinga kucing sendiri.
ADVERTISEMENT
Telinga kucing perlu rutin dibersihkan karena ada beberapa penyakit yang dapat menyerang. Berikut adalah cara membersihkan telinga kucing sendiri yang bisa dilakukan.

Cara Membersihkan Telinga Kucing Sendiri

Ilustrasi cara membersihkan telinga kucing sendiri. Foto: Pixabay
Telinga kucing perlu dirawat secara rutin agar tetap dapat berfungsi optimal. Membersihkan telinga kucing juga berguna untuk menghilangkan kotoran yang dapat menimbulkan penyakit.
Telinga kucing bisa menjadi tempat bersarang kutu dan bakteri penyebab penyakit. Kucing yang sudah terserang kutu akan terlihat memiliki kotoran berwarna kecokelatan di telinganya.
Kalau sudah terlanjur, kucing perlu mendapatkan perawatan khusus menggunakan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.
Hal ini tentu saja akan merepotkan karena pemilik perlu mengalokasikan waktu dan juga biaya untuk pengobatan. Oleh karena itu, pemilik perlu membersihkan telinga kucing sebelum penyakit datang.
ADVERTISEMENT
Cara membersihkan telinga kucing cukup mudah dan cepat. Berikut adalah caranya berdasarkan buku Tip Jitu Memelihara 9 Hewan Kesayangan Populer, antara lain:
Pastikan kucing merasa aman dan nyaman selama proses pembersihan berlangsung. Lakukan dengan hati-hati agar tidak melukai gendang telinga atau bagian sensitif lain.
Selain itu, jangan lupa juga untuk mencuci bersih tangan sebelum membersihkan telinga kucing. Kalau perlu, gunakan sarung tangan untuk memastikan kebersihannya.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan buku Hewan Peliharaan: Kucingku karya Erinda Wibianti, telinga kucing dapat dibersihkan secara rutin tiap 2-4 minggu sekali atau ketika terlihat kotor.
Kalau masih khawatir atau bingung untuk membersihkan telinga kucing, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter hewan atau ahlinya.
Demikian adalah cara membersihkan telinga kucing sendiri yang bisa dilakukan di rumah. (SP)