Cara Membuat Aquascape Sederhana dan Biaya Minim

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 23:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara membuat aquascape. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara membuat aquascape. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Cara membuat aquascape sederhana pada dasarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan.
ADVERTISEMENT
Dengan menerapkan setiap langkah pembuatannya secara tepat, setiap orang bisa mendapatkan akuarium yang cantik serta unik dengan harga murah.
Bagi pemula yang ingin mencoba membuat aquascape sederhana dan murah, namun tetap cantik, simak langkah-langkahnya di sini.

Cara Membuat Aquascape Sederhana

Ilustrasi aquascape. Sumber foto: Unsplash
Aquascape merupakan sebuah seni untuk mengatur dan menanam tanaman air di dalam sebuah akuarium sehingga terlihat seperti kebun atau hutan bawah air. Karena itu, aquascape dianggap sebagai salah satu dekorasi unik yang cocok ditaruh di rumah.
Dikutip dari buku Aquascape: Pesona Taman dalam Akuarium oleh Taufik Widjaja, aquascape pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1993 oleh Benny, pemiliki akuarium terkemuka di Jakarta.
Sejak itulah, semakin banyak orang yang tertarik untuk membuat sebuah aquascape di rumah.
ADVERTISEMENT
Bagi yang ingin mencoba membuat aquascape sederhana dan murah, berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa diikuti.

1. Pilih Material yang Murah

Untuk membuat aquascape sederhana dan tidak terlalu mahal, pilihlah material yang murah. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah tanaman air, kayu, batu, pasir, ikan hias, filter air, lampu, karbon aktif, dan pupuk cair untuk menjaga kesehatan tumbuhan.

2. Atur Pasir di Bagian Dasar

Setelah semua material siap, individu bisa melanjutkannya dengan menabur dan mengatur pasir di bagian dasar. Pasir yang digunakan bisa jenis silika atau halus, dengan ketinggian 2-3 cm. Lalu, tambahkan pula pupuk dan karbon aktif.

3. Taruh Dekorasi Kayu dan Batu

Ketika pasir dan pupuk telah diatur, individu bisa langsung menaruh hiasan kayu dan batu di atasnya. Tentunya, hal ini tidak boleh dilakukan sembarangan, karena bisa merusak penampilan.
ADVERTISEMENT

4. Penanaman

Sebelum diisi oleh air dan peralatan, individu bisa langsung menanam tanaman di dalamnya. Sama seperti tahap sebelumnya, penataan tanaman ini harus dilakukan dengan bijak agar hasilnya cantik.

5. Pasang Peralatan

Ketika penataan tanaman sudah selesai, individu bisa langsung memasang peralatan akuarium, seperti filter air dan lampu. Pasang dengan hati-hati agar aliran listrik tidak terkena ikan.

6. Hindari Langsung Memasukkan Ikan

Jika semua sudah siap, hindari untuk langsung memasukkan ikan. Sebaiknya, tunggu hingga 2 minggu sampai kandungan amonia di dalam akuarium hilang.
Itulah beberapa cara membuat aquascape sederhana dengan biaya minim. (RN)