Cara Membuat Kopi Americano yang Benar, Ini Tekniknya!

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
20 Maret 2023 14:31 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi foto cara membuat kopi americano yang benar. Sumber foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi foto cara membuat kopi americano yang benar. Sumber foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Siapa yang tidak tahu kopi americano? Kopi asal Italia yang muncul saat perang dunia ke-II. Nah, jika kamu penasaran dengan rasanya dan ingin membuatnya, simak cara membuat kopi americano yang benar di artikel ini.
ADVERTISEMENT

Cara Membuat Kopi Americano yang Benar, Ini Tekniknya

Ilustrasi foto cara membuat kopi americano yang benar, ini tekniknya. Sumber foto: Pexels
Seperti yang kita ketahui, Italia terkenal dengan espresso-nya. Namun, bagi orang Amerika, rasa espresso terlalu kuat. Akhirnya, mereka menambahkan air dalam espresso agar mengencerkan rasanya yang terlalu kuat.
Sejak saat itu Italia menyebut kopi tersebut sebagai Caffè Americano atau kopi orang Amerika. Hingga saat ini, kopi yang berbahan dasar espresso itu terkenal di seluruh dunia.
Kopi americano dibuat dengan espresso dan air panas, hal ini dilakukan untuk mengencerkan rasa espresso yang kuat. Rasio minuman ini adalah 1/3 atau dua shot espresso lalu ditambah 2/3 air panas.
Lalu, bagaimana cara membuat kopi americano dengan benar? Jika kamu penasaran akan hal ini, siapkan bahan yang diperlukan dan lakukan langkah-langkahnya di bawah ini.
ADVERTISEMENT

Bahan yang diperlukan

- Mesin espresso
- Biji kopi espresso
- Mesin penggiling
- Air panas
- Tamper espresso
- Skala kopi

Langkah-langkah Membuat Americano

1. Dapatkan Biji Kopi Terbaik

Langkah pertama adalah menyiapkan biji kopi terbaik. Karena untuk membuat kopi americano yang enak, kamu membutuhkan biji kopi terbaik.

2. Ukur Seberapa Banyak Kopi yang Akan Digunakan

Langkah kedua, ukurlah seberapa banyak kopi yang akan kamu gunakan. Sebagian besar orang tidak menyeduh americano dengan satu shot, karena rasanya yang kurang kuat. Lebih baik gunakan double shot atau sekitar 14-18 gr.

3. Haluskan Biji Kopi dengan Mesin Penggiling

Penggiling adalah kunci untuk membuat espresso terbaik, ketika sudah menghasilkan espresso terbaik maka kamu bisa menyajikan americano yang enak. Seperti yang sudah kita ketahui, americano bisa dibuat dengan satu shot atau dua shot. Jadi, gilinglah biji kopi sesuai kebutuhanmu.
ADVERTISEMENT

4. Lakukan Tamping dengan Baik

Tamping adalah bagian penting dari proses membuat americano. Ada beberapa mesin espresso yang memiliki tamping otomatis. Namun jika tidak, kamu harus melakukan proses tamping manual.

5. Masukkan Portafilter ke Mesin

Portafilter adalah salah satu komponen penting dalam mesin kopi. Caranya, kamu bisa memasukkan portafilter ke dalam mesin. Setelah itu, aliri air panas menuju basket yang berisi ground coffee.
Kopi yang sudah tercampur air akan mengalir melalui lubang akhir pada portafilter menuju cangkir kopi yang sudah disiapkan.
Nah, itu dia langkah-langkah membuat americano dengan benar. Namun perlu diingat, langkah diatas adalah cara membuat kopi americano menggunakan mesin kopi.
Jika kamu tidak memiliki mesin kopi, maka kamu bisa membuat kopi manual. Caranya, masukkan air panas, dan terakhir tuangkan espresso ke dalam air, setelah itu kopi siap diminum. Mudah bukan? Semoga membantu! (RAF)
ADVERTISEMENT